Kabupaten Solok Terima Suntikan Dana Rp18 Miliar dari Kemen-PUPR

Bupati Solok, H. Gusmal menerima secara simbolis bantuan dari kementrian PUPR di Arosuka
Bupati Solok, H. Gusmal menerima secara simbolis bantuan dari kementrian PUPR di Arosuka (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Kabupaten Solok menerima bantuan dana hibah sebesar Rp18 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Hibah tersebut diterima secara simbolis Bupati Solok , H. Gusmal dari Kepala BalaiPrasarana Pemukiman Wilayah Sumbar , Ir. Syafriyanti, Kamis (2/6/2020) di Guest House Arosuka. Menurut Syafriyanti, dana yang dihibahkan harus digunakan untuk program kegiatan yang berbasis masyarakat di wilayah kabupaten Solok .

baca juga: Kontak Erat Dengan Pasien Positif Kluster Bank Nagari, 24 Warga Sutera Pessel Dikarantina

"Dapat digunakan untuk beberapa program kegiatan berbasis masyarakat diantaranya program kota tanpa kumuh (KoTaKu), pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW), Pamsimas dan sanitasi desa," katanya.

Dalam pengelolaannya, dana hibah belasan miliar tersebut akan dikoordinir olah dinas PUPR Kabupaten Solok . Sementara itu, Bupati Solok , H. Gusmal mengatakan, dengan adanya suntikan dana dari pemerintah pusat akan sangat membantu dalam hal pembangunan dan pengembangan daerah .

baca juga: Gusmal Daftarkan Diri ke Poros Baru, Representasi Solok Raya?

"Kita tahu, APBD kabupaten Solok jauh dari cukup untuk melakukan pembangunan secara maksimal, dengan adanya alokasi dana pusat, akan sangat meringankan daerah ," terang Gusmal.

Dikatakannya, apa yang telah direncanakan oleh kementrian PUPR untuk pembangunan daerah /nagari harus didukung secara maksimal sehingga dampaknya bisa dirasakan langsung masyarakat.

baca juga: 519 CPNS di Pasaman Barat Akan Jalani Tes SKB, Ini Jadwalnya

"Kita akan perkuat koordinasi dengan stakeholder terkait, sehingga perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di kabupaten bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani