Ganefri Lantik Wakil Rektor di Lingkungan UNP

Pelantikan wakil rektor UNP periode 2020-2024
Pelantikan wakil rektor UNP periode 2020-2024 (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Rektor Universitas Negeri Padang ( UNP ) Ganefri memberhentikan dan mengangkat wakil rektor, I, II, III, dan IV periode 2020-2024 di Auditorium UNP , Jumat, 3 Juli 2020. Hadir dalam pelantikan senat universitas, dekan di lingkungan kampus, ketua jurusan dan dosen di lingkungan kampus itu.

Dalam pelantikan itu, wakil rektor satu di jabat oleh Dr. Refnaldi, S.Pd, M. Litt, yang sebelumnya dijabat oleh Prof. Dr. Drs. Yunia Wardi, M.Si., wakil rektor dua dijabat oleh Ir. Syahril, M.Sc, Ph.D, yang menjabat untuk kedua kalinya di UNP . Sementara itu wakil rektor III dijabat oleh Drs. Hendra Srifuddin, M.Si, Ph.D yang sebelumnya di jabat oleh Prof. Dr. Ardipal, M.Pd. Sedangkan untuk wakil rektor IV dijabat oleh Prof. Dr. Yasri. MS yang sebelumnya dijabat oleh Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M. Pd.

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

"Alhamdulillah sesuai amanah statuta, baru saja melakukan pelantikan wakil rektor UNP . Sebagai pimpinan universitas, mengucapkan selamat atas pelantikan rektor. Sebelumnya terima kasih kepada wakil rektor satu, tiga dan empat sebelumnya. Proses pengangkatan dan penghentian wakil rektor adalah tuntutan regulasi," katanya saat memberi sambutan setelah pelantikan.

Ia mengatakan wakil rektor satu sebelumnya sudah melewati batas umur maksimum untuk menjabat kembali. Sementara wakil rektor III dan IV sudah dua kali menjabat. "Amanah statuta hanya diizinkan menempati jabatan dua kali. Kami terima kasih dan apresiasi. Hampir 4 tahun kita berbenah, dan bisa kita lihat perkembangan UNP yang sekarang dan sebelumnya. Ini juga tak lepas kerjasama dekan dan civitas akademika sehingga kita memacu ketertinggalan kita," jelasnya.

baca juga: Tak Mampu Beli Hp, Siswa Ini Pilih Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19

Ganefri menuturkan dalam perkembangannya juga, UNP tahun 2019 dalam pemeringkatan berada dalam posisi 25. "Jika dibandingkan dengan tahun 2016, posisi kita masih berada di angka 88. Ini capaian luar biasa dan kerjasama universitas yang baik, mulai dari wakil rektor, civitas akademika dan senat universitas," jelasnya.

"Senat selalu mengingatkan kebijakan dan regulasi yang dibuat sesuai perundang-undangan yang berlaku. Terima kasih senat. Tanpa ada dukungan tak ada pembangaunan yang kondisif, kita tidak akan sampai ke capaian hari ini," jelasnya.

baca juga: Komisi X DPR Akan Panggil Mendikbud Terkait Dana Kuota

Diakui Ganefri, untuk kepemimpinannya empat tahun kedepan, pihaknya juga sudah merumuskan rencana strategis pembangunan UNP dan range, yang sudah selaras dengan pembangunan Kementerian Pendidikan . "Artinya ini sejalan dengan pemerintahan. Saya menekankan empat hal bersinergi bersama pimpinan fakultas dan dosen untuk dilaksanakan sebaiknya, yakni memperkuat internal, look out kampus, teknologi, dan resourch lainnya," jelasnya. (*)

Editor: Fitria Marlina