Pemko Padang Targetkan Pertumbuham Ekonomi Tak Minus

Seorang pedagang mempersiapkan tenda di kawasan wisata pantai Padang
Seorang pedagang mempersiapkan tenda di kawasan wisata pantai Padang (Ramadhani)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang menargetkan pertumbuhan ekonomi tidak minus selama tahun 2020. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 beberapa bulan lalu terjadi pemerosotan perekonomian di kota ini.

Asisten dua Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang , Endrizal menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan perekonomian Kota Padang mengalami penurunan hingga mencapai angka minus.

baca juga: Kementerian Koperasi dan UKM Janjikan Insentif UMKM Rp2,4 Juta, Cair Bulan Ini

"Beberapa peneliti dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai angka minus enam persen. Kami di Kota Padang menargetkan agar tidak mencapai angka tersebut," katanya.

Ia mengatakan, agar tidak masuk pada angka tersebut, pihaknya mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong atau lahan mati untuk lokasi pertanian.

baca juga: Pemko Padang Klaim Telah Putus Penyebaran COVID-19 di Klaster Pasar Raya Padang

"Kami mendorong masyarakat untuk menanam kebutuhan sehari-hari di sekitar lingkungannya seperti cabai dan bahan kebutuhan lainnya," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya akan kembali menggerakkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk kembali beroperasi sehingga perputaran uang akan kembali berjalan di Kota Padang .

baca juga: Agar Tepat Sasaran, DPR Minta Pemerintah Pastikan Data Karyawan Penerima Bantuan

"Untuk mendukung perdagangan ini, kami mengaktifkan kembali lokasi-lokasi wisata yang ada. Sehingga perekonomian mulai bergerak," sambungnya.

Menurutnya, sejak pemberlakuan pola hidup normal berlaku di Kota Padang , perekonomian masyarakat mulai kembali bergerak naik. Beberapa bentuk usaha juga telah mulai berjalan seperti pariwisata, hotel dan restoran.

baca juga: Pemerintah Janjikan Bantuan pada Pekerja, Ketua MPR Malah Sentil Janji Jokowi Ini

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani