5 Juli Warga Positif COVID-19 Sumbar Capai 775 orang, Jubir: 80,6 Persen Sudah Sembuh

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, terjadi penambahan 13 orang terkonfirmasi positif. Dengan begitu, hingga hari ini sudah 775 orang yang telah dinyatakan positif per 5 Juli 2020.

"Dari 775 orang tersebut, dapat kami rincikan yakni, dirawat di berbagai rumah sakit 58 orang (7,5%), isolasi diberbagai fasilitas 61 orang (7.9%), meninggal dunia 31 orang (4%) dan sembuh 625 orang (80,6%)," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima KLIKPOSITIF .

baca juga: Faldo Maldini - Febby Datuak Bangso Mendaftar ke Poros Baru, Tetap Bawa 'Sumangaik Baru'

Penambahan positif dan sembuh hari ini, berdasarkan pemeriksaan 1.718 sampel dari berbagai rumah sakit Kabupaten dan Kota se Sumbar. Semuanya berasal dari Kota Padang, baik yang positif maupun yang sembuh.

Jasman menyampaikan 13 orang yang positif baru tersebut yaitu, perempuan berusia 58 tahun, warga Gantiang Parak Gadang, status ibu rumah tangga, laki-laki berusia 20 tahun, warga Simpang Haru, pekerjaan swasta, laki-laki berusia 23 tahun, warga Lubuak Buayo, status mahasiswa.

baca juga: Hari Ini Kabupaten Solok Tambah 7 Kasus Baru COVID-19, Rekor Terbanyak Selama Pandemi

Kemudian, Anak-anak (laki-laki) berusia 6 tahun, warga Dadok Tunggul Hitam, Batita (perempuan) berusia 2 tahun, warga Dadok Tunggul Hitam, perempuan berusia 24 tahun, warga Cengkeh, pekerjaan pramusaji, dan perempuan berusia 54 tahun, warga Cengkeh, pekerjaan honorer.

Selanjutnya, perempuan berusia 25 tahun warga Pasa Gadang, pekerjaan tenaga kesehatan, perempuan berusia 30 tahun, warga Berok Nipah, pekerjaan tenaga kesehatan, laki-laki berusia 32 tahun, warga Kampuang Lapai, pekerjaan TNI AD dan Balita (perempuan) berusia 4 tahun, warga Kampuang Lapai.

baca juga: Riset Baru Ungkap Terserang Flu Biasa Bisa Latih Tubuh Hadapi Covid-19

Terakhir, perempuan berusia 27 tahun, warga Gantiang Parak Gadang, pekerjaan swasta, dan perempuan berusia 34 tahun, warga Aur Duri, pekerjaan honorer. "Semua terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan saat ini ada yang isolasi mandiri sementara dan dirawat di rumah sakit," ujarnya.

"Sementara 1 orang pasien sembuh yakni perempuan berusia 48 tahun, warga Lubuak Lintah, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak di pasar raya, pasien Dinkes Padang," sambungnya.

baca juga: Bukittinggi Tambah 1 Pasien Positif COVID-19, Total 21 Kasus

Jasman menambahkan, perkembangan COVID-19 di Sumbar berdasarkan
data yang dihimpun dari berbagai rumah sakit dan Gugus Tugas Kabupaten Kotayakni, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.875 orang, proses pemantauan 172 orang, dengan rincian karantina Pemda 0 orang dan 172 orang isolasi mandiri, selesai pemantauan 9.703 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1.370 orang, masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium 25 orang, dinyatakan negatif, pulang dan sembuh 1345 orang.

Editor: Muhammad Haikal