Ditinggal Sebentar, Satu Rumah Ludes Terbakar di Tambangan Tanah Datar

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di Kecamatan X Koto, Tanah Datar
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di Kecamatan X Koto, Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Satu rumah semi permanen di Jorong Sungai Rayo, Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Tanah Datar , ludes terbakar, Jumat 10 Juli 2020 sekira pukul 20.00 WIB.

Api tak menyisakan bangunan beserta isinya yang dimiliki Jawanis (81 tahun). Dalam peristiwa nahas tersebut, diperkirakan korban menderita kerugian materil sekitar Rp300 juta.

baca juga: Pasien 012 Sembuh, Tanah Datar Zero Kasus Positif COVID-19

Saat kejadian, rumah ditinggal dalam keadaan kosong, karena korban sedang berada di rumah anaknya yang berjarak sekitar 100 meter dari rumahnya tersebut.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar , Yusnen mengatakan pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Tanah Datar dibantu dua unit dari Kota Padang Panjang untuk memadamkan api yang membakar bangunan seluas 8 x 12 meter persegi.

baca juga: Ayo Dukung Tanah Datar Authentic Minangkabau Menang API 2020

Ia menyebut penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian, namun dugaan sementara berasal dari arus pendek listrik.

Ia mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap api yang berasal dari listrik, kompor, obat nyamuk bakar dan lainnya yang dapat menimbulkan bencana kebakaran .

baca juga: Kebakaran Lahan di Tanah Datar Nyaris Merembet ke Komplek Perumahan

Pihaknya akan terus meningkatkan kesiapsiagaan personil pemadam kebakaran sehingga api dengan cepat dapat dipadamkan, karena bencana alam datang sewaktu-waktu. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi