Selamatkan Seorang Nenek dari Kebakaran, Begini Aksi Heroik Tukang Galon di Bukittinggi

Bustanul Arifin alias Kinoy, tukang G]galon yang menyelamatkan seorang nenek dari kebakaran
Bustanul Arifin alias Kinoy, tukang G]galon yang menyelamatkan seorang nenek dari kebakaran (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF --Seorang pria yang berprofesi sebagai tukang galon air mineral di Bukik Sangkuik, Kelurahan Bukik Apit Puhun, Kecamatan GuguK Panjang, Bukittinggi - Sumbar , tampil sebagai pahlawan lewat aksi heroiknya.

Pria yang diketahui bernama Bustanul Arifin (40) atau karib disapa Kinoy itu, menyelamatkan seorang nenek dari kebakaran yang terjadi di RT 3 /RW 4, atau sekitar 50 meter dari depot Alkhalil Mineral miliknya. Ia menceritakan detik-detik kejadian yang nyaris merenggut nyawa nenek pemilik rumah bernama Atisah itu. Aksi cepat tanggapnya tlayak diapresiasi.

baca juga: Polsek Bukittinggi Ringkus Dua Pelaku Pungli di Terminal Aur Kuning, Ini Modusnya

"Saat itu jam 10.00 WIB, saya pulang dari mengantar galon dan kebetulan lewat depan rumah nenek itu. Lalu saya melihat asap membumbung tinggi. Saya berhenti untuk mengeceknya. Saya yakin ada yang tak beres,"kata dia saat ditemui KLIKPOSITIF , Selasa 14 Juli 2020.

Naluri Kinoy, terbukti benar. Ternyata terjadi sebuah kebakaran . Setelah melihat ke dalam rumah, ia mendapati seorang nenek tengah duduk termenung di ruang tengah, sementara asap mulai memenuhi ruangan dari arah dapur.

baca juga: Pengemudi Pajero yang Tabrakan di Eks Balai Kota Padang Oknum Perwira Polisi

"Spontan saya angkat nenek itu dan bergegas keluar. Saat itu, atap sudah tebal dan loteng berjatuhan. Nenek ini rupanya tak sadar ada kebakaran ," katanya..

Saat diangkat, kata Kinoy, nenek tersebut sempat berontak dan menampar karena ia dikira maling. Tapi, karena keadaan mendesak, ia segera bertindak dan langkahnya terbukti tepat karena kobakaran api yang membesar dengan cepat.

baca juga: Tak Ada Lockdown di Guguak Tinggi Agam, Masyarakat: Situasi Aman Saja

"Saya beruntung berada di lokasi kejadian, ini murni tindakan spontan saja karena melihat nenek itu tak keluar saat terjadi kebakaran ,"pungkasnya.

Nenek Atisah, berusia sekitar 90 tahun dan susah berjalan. Saat kejadian, ia sendirian berada di rumah sehingga Kinoy menjadi penyelamatnya.

baca juga: Terus Berlanjut, Agam Tambah 2 Kasus COVID-19 Hari Ini

Sementara informasi yang berhasil KLIKPOSITIF himpun menyebut, kebakaran terjadi pukul 09.50 WIB, diduga akibat pemilik rumah lupa mematikan kompor gas dan kerugian ditaksir mencapai 100 jutaan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.30 WIB setelah mobil pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani