Bantuan Rp 13,5 Miliar untuk 800 Tempat Pendidikan Agama Islam di Sumbar Segera Disalurkan

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Anggota Komisi VIII DPR-RI, John Kenedy Azis (JKA), untuk membantu biaya operasional pendidikan ratusan Pondok Pesantren serta Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di Daerah Pemilihan Sumatera Barat 2, Rabu (15/7/2020).

Perihal bantuan itu, John Kenedy Azis menyebutkan, ada 200 Pondok Pesantren, 300 TPQ dan 300 MDT yang akan dibantu. "Untuk Ponpes, masing-masing sebesar Rp25 juta, TPQ Rp 10 juta dan MTD Rp10 juta. Semua, bila ditotal, ada sekitar Rp13,5 miliar," ungkap politisi Partai Golkar tersebut.

baca juga: Tak Ada Lockdown di Guguak Tinggi Agam, Masyarakat: Situasi Aman Saja

Lebih lanjut dikatakannya, bantuan itu adalah bantuan dana untuk biaya operasional pendidikan. "Kita berharap, dengan adanya bantuan ini, aktivitas pendidikan keagamaan di masa pandemi Covid-19 ini tetap berjalan," ujar John Kenedy Azis.

Menurut dia, di masa pandemi Covid-19 sekarang, banyak Ponpes dan TPQ serta MDT yang mengeluhkan soal biaya operasional pendidikan.

baca juga: Terus Berlanjut, Agam Tambah 2 Kasus COVID-19 Hari Ini

"Antara lain untuk membayar rekening listrik, pengadaan westafel, masker dan sabun pencuci tangan. Menanggapi keluhan itu, kita coba melobi pihak Kementerian Agama -RI. Dan, Alhamdulillah, pihak Kementerian mengabulkan permohonan kita. Jadi, In Syaa Allah, kita akan bantu 200 Ponpes, 300 TPQ dan 300 MDT yang ada di daerah pemilihan Sumatara Barat 2," ujarnya.

Namun, katanya lagi, sesuai aturan, Ponpes, TPQ dan MDT yang bisa dibantu tentu yang telah terdaftar di Kementerian Agama .

baca juga: Pencari Kerja di Pariaman Meningkat

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani