DLH Padang Akui TPA Air Dingin Belum Bisa Lakukan Sanitary Renville, Ini Penyebabnya

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Lahan Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) Air Dingin, Kota Padang masih belum maksimal. Pasalnya, desain awal masih belum sesuai dengan pengaplikasian saat ini.

"Design TPA itu awalnya dengan luas tanah 33 hektar, tetapi yang saat ini hanya seluas 17 hektar dan masih kurang sekitar 16 hektar lagi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Padang , Mairizon.

baca juga: Tinjau Food Estate di Sumut, Jokowi: Hasilnya Terlihat 2,5 Bulan Lagi

Ia mengatakan, tanah seluas 16 hektar yang masih belum dibebaskan tersebut saat ini masih milik masyarakat sekitar. Karena itu, pengelolaan sampah di TPA Air Dingin masih belum maksimal.

"Beberapa waktu lalu kami sudah ditemui oleh Badan Pengawasan Keuangan (BPK) dan menurut mereka, TPA yang ada saat ini masih dalam kategori TPA pendamping saja," lanjutnya.

baca juga: Per November, Garuda Berhentikan 700 Karyawan Kontrak

Sementara untuk pengelolaan sampah dengan metode Sanitary Renville (sistem penyaringan air sampah dengan membuat sejumlah kolam, dimana kolam terakhir ikan bisa hidup sehingga air tersebut layak untuk dibuang ke sungai yang direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu juga belum bisa dilaksanakan. Sistem tersebut, air sampah tidak dilangsung terserap tanah dan mencemarinya namun disaring terlebih dahulu.

Pasalnya, dengan anggaran pengelolaan sampah dan luas tanah yang ada saat ini dinilai masih belum bisa penerapan metode tersebut.

baca juga: Kemenperin Dorong IKM Manfaatkan Teknologi Digital

"Untuk mengelolaan sampah dengan metode Sanitay Renville itu kita masih kekurangan anggaran pengelolaan sebesar Rp1 miliar," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk pengelolaan dengan metode tersebut sampah akan dikubur dengan ketinggian galian mencapai 20 meter.

baca juga: Video Polisi Dipukul Intel Masuk 9GAG, Ini Respon Netizen

Sementara, TPA Air Dingin masih kekurangan tanah dari desain awal yang direncanakan. Oleh karena itu, pengelolaan sampah di TPA Air Dingin masih dilakukan dengan penumpukan saja.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri