Kemenkes Imbau Lansia dan Anak-anak Salat Id di Rumah Saja

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kementerian Kesehatan meminta orang tua lanjut usia dan anak-anak agar tidak mengikuti salat Iduladha ke masjid pada Jumat, (31/7/2020) mendatang, sebab situasi pandemi virus Corona Covid-19 masih mengancam.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes dr. Riskiyana Putra menjelaskan orang tua lanjut usia di atas 45 tahun dan anak-anak lebih baik salat ied di rumah saja.

baca juga: Dr.Andani Webinar Bersama Yayasan Igasar Semen Padang; Jangan Takut Corona, Tapi Jangan Lalai

"Kami mengimbau, agar yang salat Id di masjid atau lapangan adalah yang betul-betul dalam kondisi sehat, bawa alat salat sendiri, pakai masker, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," kata Riskiyana dalam diskusi dari BNPB, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Aturan ini juga sudah diatur dalam Surat Edaran nomor 18 Tahun 2O2O Tentang Penyelenggara penyelenggaraan salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban.

baca juga: Seperti Rokok, Ternyata 4 Sayuran yang Sering Dikonsumsi Ini Juga Mengandung Nikotin

Setiap pengelola masjid juga tetap harus menjaga protokol kesehatan di masjid seperti yang dianjurkan Kementerian Agama.

"Harapannya dengan begitu agar tidak ada klaster baru pas Idul Adha ," tegasnya.

baca juga: KSPI dan 32 Serikat Kerja Siapkan 2 Gugatan UU Ciptaker

Riskiyana menyebut Kemenkes juga sudah menyediakan beberapa alat kampanye kesehatan masyarakat di tengah pandemi virus corona yang bisa diakses masjid dan pemerintah daerah jelang Idul Adha .

"Bisa download dari link promkes.kemkes.go.id, kami juga sudah sebar luarkan melalui ormas seperti dewan masjid indonesia, pramuka, muslimat, NU, Muhammadiyah dan yang lain itu kami masuk lewat sana," pungkas Riskiyana.

baca juga: Kritik Omnibus Law, Ketua YLBHI: Apa yang Didapat Rakyat?

Editor: Eko Fajri