1 Agustus 2020, Kereta Api Sibinuang Kembali Dioperasikan

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Mulai 1 Agustus 2020 mendatang, PT KAI akan kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Sibinuang rute Padang - Pariaman - Naras.

Kepala Humas PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. Reza Fahlepi mengatakan sebagai komitmen PT KAI untuk melayani dan memenuhi permintaan masyarakat ataupun pemerintah setempat dan sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan destinasi wisata di provinsi Sumatera Barat khususnya Pantai Gandoriah.

baca juga: Lebih dari Seribu Pelaku Usaha di Pariaman Telah Terima Bantuan BPUM

"PT KAI akan mengoperasikan kembali perjalanan kereta api di wilayah Divisi Regional II Sumatera Barat. Di tahap awal perjalanan kereta api yang akan beroperasi adalah KA Sibinuang relasi Padang- Pariaman -Naras. Frekuensi perjalanan sama seperti sebelumnya yakni sebanyak 8 kali perjalanan (pulang-pergi)," Ungkap Reza, Rabu 29 Juli 2020.

Dikatakannya juga, tiket KA dapat mulai dipesan melalui aplikasi KAI Access, maupun channel penjualan tiket KA terdekat mulai H-7 sampai 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

baca juga: Pemerintah Tarik Anggaran Dekonsentrasi Tagana di Seluruh Daerah, Karena Hal Ini

"Loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show, yaitu 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA Sibinuang. Saat ini KAI hanya menjual tiket KA Sibinuang sebanyak 70 persen dari kapasitas yang tersedia," ujar Reza.

Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menggunakan KA Sibinuang ini harus tetap mematuhi persyaratan sesuai yang diatur oleh Gugus Tugas Covid-19 yakni sbb:

baca juga: Bawaslu Pariaman Bentuk Saka Adhyasta untuk Mendukung Pengawasan Pemilu

Setiap penumpang KA diharuskan dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita influenza, batuk, maupun demam, dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 C.

Setiap penumpang KA wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun maupun di atas KA

baca juga: Libur Panjang, Polres Payakumbuh Tingkatkan Pengawasan di Objek Wisata

Setiap penumpang KA dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai pelindung diri.

Setiap penumpang KA dihimbau untuk mengurangi berbicara saat berada di dalam KA, untuk menghindari penyebaran virus melalui droplet.

Setiap penumpang KA tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak saat berada di stasiun dan di atas KA serta mencuci tangan (dianjurkan)

Pengoperasian kembali perjalanan KA tetap mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI No pm 41 tahun 2020, tanggal 8 Juni 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri