Masjid Agung Pasbar Tidak Pernah Menyelenggarakan Pemotongan Kurban, Ini Alasannya

Masjid Agung Pasaman Barat yang terletak di Jorong Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman
Masjid Agung Pasaman Barat yang terletak di Jorong Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha di sebuah masjid menjadi suatu hal yang lazim dilaksanakan. Namun ada masjid yang tidak pernah memotong kurban , di antaranya adalah Masjid Agung.

Menurut Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Hendrizal, Masjid Agung Pasaman Barat tidak memiliki jemaah tetap, sehingga tidak pernah dilakukan penyembelihan hewan kurban .

baca juga: Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wabup Pasbar Terpilih, HamRis Sujud Syukur

"Memang tidak pernah dilaksanakan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Pasaman Barat ini," sebutnya kepada KLIKPOSITIF , Kamis (30/7/2020) malam.

Selain itu kata Hendrizal, terhadap Pegawai Negeri Sipil pun tidak pernah diarahkan untuk patungan kurban di masjid itu.

baca juga: Benarkah Warga Pasbar yang Ditemukan Meninggal dengan Luka Dipinggang Diterkam Buaya? Ini Kata BKSDA

"Setahu saya memang tak pernah sekali pun dilakukan penyembelihan hewan di masjid ini. Namun untuk salat Idul Adha tetap dilaksanakan," katanya.

"Pembentukan panitia penyelenggara kurban pun tidak pernah dilakukan di Masjid Agung Pasaman Barat , karena kita tidak memiliki jamaah tetap seperti masjid-masjid lainnya," sambungnya.

baca juga: Sempat Dilaporkan Hilang, Warga Pasbar Ini Ditemukan Meninggal dengan Luka Gigitan Pada Bagian Pinggang

Sementara itu, Safri salah seorang warga sekitar Jorong Pasaman Baru berharap agar pemerintah bisa menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di masjid itu.

"Kita berharap pemerintah bisa membuat program berkurban di Masjid Agung Pasaman Barat yang kita banggakan ini di Hari Raya Idul Adha selanjutnya," harapnya.

baca juga: Seorang Warga di Pasbar Diduga Diserang Buaya, Keberadaannya Masih Misterius

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi