Deklarasi, Gusmal-Suherman Berpasangan di Pilgub Sumbar 2020

Kompak, H. Gusmal dan H. Suherman bersama istri usai deklarasi di D'relazion kota Solok
Kompak, H. Gusmal dan H. Suherman bersama istri usai deklarasi di D'relazion kota Solok (Klikpositif)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Teka-teki soal sosok yang bakal mendampingi H. Gusmal Dt. Rajo Lelo dalam pemilihan Gubernur Sumatra Barat Desember 2020 nanti akhirnya terjawab. Gusmal memutuskan untu menggandeng H. Suherman Tuanku Rako Disambah sebagai bakal calon wakil gubernur.

Kepastian tersebut mencuat setelah deklarasi bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat yang dilakukan secara terbuka di Aula D'Relazion, Kota Solok, Rabu (5/8/2020).

baca juga: KPU Sumbar Akan Lakukan Pleno Tertutup saat Penetapan Calon

Dikatakan H. Gusmal , keputusannya untuk berpasangan dengan H. Suherman dilatarbelakangi atas kesamaan visi dan keinginan kuat untuk bersama-sama dalam membangun provinsi Sumatra Barat.

"Saya cukup kenal beliau, seorang anak muda yang energik dan punya visi kuat membangun Sumatra Barat, pengusaha yang sudah berkiprah dalam berbagai usaha," ungkap H. Gusmal menyoal keputusannya menyunting H. Suherman.

baca juga: Pengamat Politik: NA-IC Berpeluang Menang Pilgub Menurut Swing Voters dan Undecided Voters Tinggi

Menurut Gusmal , untuk membangun Sumatra Barat, memang dibutuhkan sosok anak muda yang kaya akan ide dan gagasan. Hal itu sudah ada dalam diri H. Suherman. Apalagi, potensi Sumatra Barat juga sangat luar biasa.

Dikatakannya, untuk membangun Sumatra Barat nantinya, dirinya bersama H. Suherman akan mengedepankan sistem pembangunan yang berbasis potensi nagari atau kelurahan. Sebab, ia menilai setiap nagari punya potensi tersendiri.

baca juga: Audy Joinaldy Siap Cetak 100 ribu Entrepreneur untuk Generasi Milenial Sumbar

"InsyaAllah, kami berdua siap untuk mewakafkan diri dalam membangun Sumatra Barat. Melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan oleh gubernur dan wakil gubernur sebelumnya, tentunya dengan memaksimalkan potensi seluruh kabupaten kota," terangnya.

Sementara itu H. Suherman mengatakan, H. Gusmal merupakan sosok birokrat ulung yang terjun dalam dunia politik. Tentunya sudah kenyang dengan pengalaman. Dibuktikan dengan sentuhan tangan dinginnya membangun Kabupaten Solok selama dua periode.

baca juga: Gerindra Padang Siap Menangkan NA-IC

"Beliau merupakan salah satu tokoh kharismatik yang sudah sangat berpengalaman dalam pemerintahan, dan pemikiran-pemikiran beliau sangat dibutuhkan Sumatra Barat kedepannya," terangnya.

Menurut Suherman, dirinya bersama Gusmal akan mendaftar secara berpasangan ke koalisi poros baru Pilgub Sumbar pada Jum'at besok (7/8/2020) di Kota Padang. Poros baru merupakan koalisi dari partai Nasdem, Golkar dan PKB.

"Kami mohon do'a dan dukungan masyarakat Sumatra Barat, InshaAllah kami bersama akan mendaftar ke poros baru Pilgub Sumbar , kita optimis, survey nanti kita akan dipercaya oleh partai koalisi," terangnya.

Diakuinya, memang banyak kandidat lain yang bakal mendaftar ke poros baru Sumbar. Baginya, hal tersebut sangat lumrah karena banyak tokoh Sumatra Barat yang juga ingin maju membangun Sumatra Barat.

"Ini bagus untuk demokrasi Sumatra Barat, tentunya nanti yang dipandang layak yang akan diamanahi mandat untuk maju di Pilgub Sumatra Barat," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Rezka Delpiera