Kasus Positif COVID-19 di Agam Melesat Tajam, Guguak Tinggi Akan Lockdown

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Penularan virus corona meningkat drastis di Kabupaten Agam . Tercatat dalam 3 hari terakhir, terjadi penambahan 12 kasus.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Agam Khasman Zaini mengatakan, kasus penularan terjadi di Guguak Tinggi, Kecamatan IV Koto.

baca juga: Ratusan Personel Satgas TMMD ke 109 di Pessel Jalani Rapid Test Kesehatan COVID-19

"Ada pengambilan swab sebanyak 27 orang, hasilnya 7 orang dinyatakan positif. Ini merupakan tracing dari 5 orang yang lebih dahulu positif,"ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Kamis 6 Agustus 2020.

Kluster Guguak Tinggi berawal dari positifnya seorang perantau yang datang dari Bengkulu. 4 orang anggota keluarganya kemudian diswab, dan hasilnya positif.

baca juga: Fadli Zon Sebut Pilkada Perlu Ditunda Demi Keselamatan Bersama

Selanjutnya, Pemkab Agam melakukan tracing terhadap orang yang diduga kontak dengan kasus konfirmasi. Ditemukan 27 warga Guguak Tinggi yang kontak dan kemudian diswab, hasilnya 7 positif.

"Besok Guguak Tinggi akan 'lockdown' dan warganya diswab massal. Kita harap hasilnya negatif. Untuk pasien tambahan ini, semuanya OTG dan dirawat di RSAM serta Padang Besi,"ucap Khasman.

baca juga: KPU Sumbar Akan Lakukan Pleno Tertutup saat Penetapan Calon

Dengan demikian, kasus COVID-19 di Agam melesat menjadi 38, setengahnya dinyatakan sembuh dari penularan.

Penambahan drastis kasus di Agam , tentu harus menjadi peringatan bagi warga agar tetap menjalankan protokol kesehatan supaya terhindar dari penularan virus.

baca juga: Update COVID-19 di Agam Hari Ini, Dua Positif dan 13 Pasien Dinyatakan Sembuh

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani