Meriahkan HUT RI, Kesbangpol Payakumbuh Gelar Lomba Lagu Daerah Secara Virtual

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Payakumbuh Sri Joko Purwanto.
Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Payakumbuh Sri Joko Purwanto. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) yang ke-75, Forum Pembauran Kebangsaan Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) daerah tersebut untuk menggelar lomba budaya daerah dalam bentuk lomba lagu kedaerahan secara virtual.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Payakumbuh Sri Joko Purwanto menyebut, lomba lagu diselenggarakan secara virtual karena suasana masih dalam kondisi wabah pandemi virus Corona atau COVID-19.

baca juga: Dari 2015 Sampai 2019 Payakumbuh Terima Lima Penghargaan WTP Secara Beruntun

"Lomba kali ini digelar secara virtual, peserta yang ikut lomba mengirimkan hasil rekaman mereka dalam bentuk video, dengan durasi video lagu itu maksimal 10 menit untuk dua lagu, masing-masing satu lagu wajib dan satu lagu pilihan dan peserta memakai baju pakaian daerahnya masing-masing," kata Sri Joko yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Payakumbuh , Kamis (6/8).

Untuk lagu wajib adalah Laruik Sanjo, Kampuang Nan Jauah Di Mato, Lintuah, Sansaro, Usah Diratok'i, dan Ayam Den Lapeh. Video peserta lomba dikirim melalui instagram @kesbangpol. Pendaftaran dibuka dari tanggal 3 hingga 18 Agustus 2020.Contact person: Kasi Kesbangpol, Yusniwarti (085274065796).

baca juga: Rekonstruksi Pengeroyokan di Payakumbuh, Pelaku Jebak Korban Menggunakan Akun Facebook Pacar

Untuk ketentuan lomba, pesertanya merupakan utusan dari paguyuban, perkumpulan, kelompok, atau suku yang ada di Payakumbuh .

"Lokasi perekaman video berada di Payakumbuh , kita menyarankan agar dapat sekaligus mempromosikan wisata Payakumbuh dan peserta tidak diperkenankan mengedit vokal (Fix)," kata Sri Joko.

baca juga: Pemko Payakumbuh Lengkapi Standarisasi Sentra IKM Rendang dengan Sertifikasi Nasional dan Internasional

Kakankesbangpol Budhy D Permana menyebut hadiah yang disediakan berupa trophy dan tabanas.

"Meski di tengah COVID-19, semangat kebangsaan harus tetap kita gaungkan, negara dan dunia saat ini sedang dilanda wabah, kita harus menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan dalam menghadapinya, semoga wabah ini cepat berlalu dan kita tetap menjadi bangsa yang kuat, ada warga negara yang cinta pada tanah airnya" kata Budhy. (*)

baca juga: Kabar Gembira, THL Pemko Payakumbuh Akan Terima BLT Subsidi Gaji

Editor: Taufik Hidayat