Soal Pilkada Bukittinggi-Agam, Dandim Sebut TNI Tetap Netral

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Dandim 0304/ Agam Letkol Arh Yosip Brozti menyebut, pihaknya akan tetap netral selama Pilkada 2020.

Sebagaimana diketahui, wilayah Kodim 0304/ Agam membawahi Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam , yang sama-sama melakukan Pilkada serentak termasuk memilih Gubernur.

baca juga: Lagi, Agam Tambah 26 Pasien Total 465 Warga Terjangkit

"Tentara jelas posisinya netral. Kita tak akan mendukung pasangan manapun yang ikut dalam pemilihan," sebut Yosip Brozti, Kamis 6 Agustus 2020.

Posisi TNI, kata Yosip, akan membantu pengamanan Pilkada bersama Polri sehingga penyelenggaraan pemilihan berlangsung aman dan damai.

baca juga: Update COVID-19 di Agam Hari Ini, Dua Positif dan 13 Pasien Dinyatakan Sembuh

Letkol Arh Yosip Brozti baru saja dilantik menggantikan Letkol Victor Andhyka Tjokro sebagai Dandim. Sebelumnya, Yosip menjabat Komandan Batalyon Arhanud 13/PBY Pekanbaru.

Ia mengatakan, akan melanjutkan program-program yang digagas Letkol Victor dan menyesuaikan diri di Kodim 0304/ Agam secepatnya.

baca juga: Rekor 50 Kasus COVID-19 Dalam Sehari, Ini Kata Dinas Kesehatan Bukittinggi

Teritorial Kodim 0304/ Agam cukup luas, membentang dari Pantai Barat Sumatera di Tanjung Mutiara hingga ke perbatasan Kabupaten Agam Limapuluh Kota. Luasnya wilayah dan padatnya penduduk, akan menjadi salah satu tantangan bagi Letkol Yosip.

Sementara, Letkol Victor sendiri di mutasi ke Mabes TNI setelah menjabat Dandim selama 1 tahun 5 bulan.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera