Fauzi Bahar Ungkap Alasan Tak Jadi Maju di Pilgub Kepri

Fauzi Bahar di Sekretariat Koalisi Poros Baru
Fauzi Bahar di Sekretariat Koalisi Poros Baru (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar resmi mendaftar ke Koalisi Poros Baru untuk berlaga di Pilgub Sumbar 2020. Ia menyatakan siap jadi calon gubernur atau wakil gubernur di koalisi yang dibentuk PKB, Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Diketahui, sebelumnya ia sempat digadang-gadang akan maju di Pilkada Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai bakal calon wakil gubernur.

baca juga: Pilkada Serentak Disepakati Tetap 9 Desember 2020, DPR Minta KPU Segera Revisi PKPU

Ia mengungkapkan alasan batalnya mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur Kepri tersebut, karena calon gubernurnya tidak jadi juga. Sehingga ia kembali ke Sumbar sejak satu bulan lalu.

"Tadinya saya akan berpasangan dengan pak Rudi (Muhammad Rudi), tapi pak Rudi tidak jadi maju sebagai gubernur tetap maju sebagai wali kota Batam," katanya di Hotel Bumi Minang, Kota Padang, Kamis (6/8/2020).

baca juga: Fadli Zon Sebut Pilkada Perlu Ditunda Demi Keselamatan Bersama

Ia menambahkan, keseriusannya mencalonkan diri di Kepri sebenarnya telah dibuktikan menetap di daerah tersebut. "Tadinya saya di Kepri sudah satu tahun, sejak September 2019 lalu," ujarnya.

"Kepri merupakan daerah maritim, saya ingin mencocokkan ilmu saya sebagai orang laut, dengan posisi maritim Kepri yang memiliki 400 pulau dan berbatasan dengan 6 negara," pungkasnya kemudian.

baca juga: Cawagub Audy Joinaldi Hadiri Deklarasi dan Dukungan Irama Sumbar Wilayah I

Dengan batalnya mencalonkan diri di Kepri, Wali Kota Padang dua periode 2004 - 2014 tersebut, mendaftarkan diri ke Koalisi Poros Baru. Ia datang ke sekretariat Koalisi Poros Baru di Hotel Bumi Minang dengan didampingi puluhan relawan, Kamis (6/8/2020).

Menurutnya, kehadiran poros baru memberikan peluang kepada calon gubernur atau wakil gubernur yang ingin mengabdi ke Sumatera Barat "Sehingga ini sejarah baru yang tidak kita duga-duga, ternyata ada sebuah wadah lagi, selanjutnya kita serahkan kepada masyarakat. Saya prinsipnya, siap jadi gubernur, siap jadi wakil gubernur, yang jelas mengabdi untuk Sumatera Barat," ujarnya lagi

baca juga: Sandiaga Jadi Timses Menantu Jokowi, Analis: Dari Seri A ke Seri C

Sementara itu, perwakilan Koalisi Poros Baru, Afrizal mengatakan, pihaknya
menyambut baik kedatangan Fauzi Bahar untuk mendaftar.

"Setelah berkas pendaftaran Fauzi Bahar diterima, selanjutnya, kami akan memanggilnya untuk melakukan presentasi kepada kami. Namun untuk jadwalnya nanti akan disampaikan," katanya.

Editor: Muhammad Haikal