Puluhan Pelaku Usaha di Pasaman Dibekali Ilmu Manajemen Kewirausahaan

Puluhan pelaku usaha mikro berpoto bersama usai mengikuti pelatihan manajemen kewirausahaan di Hotel Equator Lubuk Sikaping
Puluhan pelaku usaha mikro berpoto bersama usai mengikuti pelatihan manajemen kewirausahaan di Hotel Equator Lubuk Sikaping (Istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Tingkatkan kapasitas dan kompetensi dalam sektor usaha mikro, Pemerintahan Kabupaten Pasaman melakukan pelatihan terhadap puluhan pelaku usaha mikro, Kamis (6/8/2020).

"Kami yakin lewat pelatihan manajemen kewirausahaan ini, pelaku usaha bisa meningkatkan kapasitas dan kompetensinya di dalam mengelola usahanya," sebut Kepala Dinas Koperasi UKM Pasaman , Jonneri Masli.

baca juga: 5 Zodiak Ini Paling Cocok Jadi Wirausaha

Ia mengatakan dengan adanya pelatihan manajemen tersebut akan tumbuh wirausahawan baru yang tangguh, mandiri, inovatif serta punya daya saing.

"Pada era digital ini, pola-pola kolaboratif dan inovatif sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha agar lebih maju dan punya daya saing," kata Jonneri.

baca juga: Pilkada Pasbar, Koalisi Parpol Pengusung Erick - Syawal Rampungkan Struktur Tim Pemenangan

Menurutnya pemerintah setempat melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah sangat serius dalam pengembangan usaha dan penumbuhan wirausaha baru di daerah itu.

Untuk itu diharapkan Jonneri, Kabupaten Pasaman sudah saatnya memiliki para pelaku usaha yang bergerak lebih maju dan berkembang guna menopang kemajuan ekonomi daerah tersebut.

baca juga: KPU Pasbar Nilai Imbauan Mematuhi Protap COVID-19 bagi Bacalon Kepala Daerah Tidak Berjalan Baik

"Kita berharap terhadap peserta pelatihan, agar nantinya bisa mempraktikkan ilmu yang didapat dan menularkan kepada orang," harapnya.

Sementara Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Pasaman , Yossy Nasution mengatakan kegiatan pelatihan manajemen kewirausahaan tersebut diikut sebanyak 37 orang pelaku usaha mikro kecil.

baca juga: Semen Padang Serahkan Bantuan 20 Unit Alat Pengolahan Sampah untuk Kelompok Dasawisma Kemiri 8 Pasaman

"Para perserta berasal dari utusan kecamatan dan para pebisnis muda," kata Yossy Nasution.

Ia menjelaskan kegiatan itu berlangsung selama empat hari yang dimulai sejak tanggal 3 Agustus sampai 6 Agustus 2020, bertempat di Hotel Equator Lubuk Sikaping.

Rahmad salah seorang peserta pelatihan manajemen kewirausahaan tersebut yang berasal dari Bonjol menyampaikan dirinya sangat senang mengikuti pelatihan itu.

Menurutnya dengan adanya pelatihan sehingga akan membuat para pelaku usaha bersemangat untuk lebih baik mengembangkan usahanya.

"Pelatihan yang diberikan cukup bagus dan menarik. Kami sangat senang mengikuti pelatihan ini. Jadi tambah semangat untuk lebih kreatif dan inovatif untuk kemajuan usaha kami," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera