Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

SMKN 1 Sutera
SMKN 1 Sutera (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Setelah satu orang guru diduga kontak erat dengan pasien positif COVID-19, aktivitas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat ditiadakan kegiatan atau ditutup sementara waktu.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suryati mengungkapkan, selain seorang guru dari sekolah tersebut menjalani karantina di Rusunawa Painan, para majelis guru lainnya saat ini juga telah melakukan isolasi mandiri sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

baca juga: Terciduk, Seorang Warga Pessel Diamakan Polisi Saat Transaksi Narkoba

"Dan kami menunggu hasil swab dari istri pasien, kalau negatif berarti sekolah akan buka kembali. Kalau positif berarti seluruh warga sekolah harus diswab 86 orang banyaknya," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Kamis 6 Juli 2020.

Ia menjelaskan, seorang guru yang diketahui kontak langsung dengan pasien positif dari klaster Bank Nagari Padang adalah istri dari pasien yang berinisial W.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Bertambah 9 Orang, 5 Diantaranya Petugas RSUD Painan

Dan, dua hari sebelum hasil tes swab suami seorang guru itu diketahui positif Covid-19, ia masih aktif menjalani aktivitas di sekolah.

"Pada hari Senin dan Selasa (27-28/07/2020) lalu. Kita masih menjalani kegiatan bersama di sekolah dengan guru-guru lainnya," katanya

baca juga: Kenali 4 Tipe Masyarakat dari Cara Memakai Masker Covid-19, Anda yang Mana?

Lanjutnya mengatakan, kejadian tersebut sudah dilaporkannya ke Kacabdin Wilayah VII Kabupaten pesisir Selatan, dan ke Puskesmas Kecamatan Sutera selaku satgas COVID kecamatan.

"Untuk guru-guru kita minta isolasi mandiri dulu, sampai kondisi lebih aman, dan proses belajar mengajar kembali kita mulai secara daring," tutupnya.

baca juga: Bertambah 13 Kasus, Positif COVID-19 Tanah Datar Total Jadi 167

Sebelumnya diberitakan, dari 24 warga Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat yang dikarantina akibat terkonfirmasi kontak erat dengan pasien kluster Bank Nagari Padang, satu di antaranya merupakan seorang Guru di SMKN 1 Sutera.

Kepastian itu diperoleh dari keterangan, Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suryati. Ia mengatakan, seorang guru yang diketahui kontak langsung merupakan istri dari pasien positif berinisial W.

Kekinian, W diketahui merupakan pasien positif dari kluster Bank Nagari Padang yang berprofesi sebagai scurity.

"Iya, yang bersangkutan tersebut kontak langsung dengan pasien, sebelum diketahui pasien dinyatakan positif tanggal 2 Agustus lalu," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Kamis 6 Juli 2020.

Sejauh itu, berdasarkan anjuran Dinas Kesehatan, pihaknya juga menginstruksikan sejumlah guru-guru yang diduga kontak langsung dengan istri dari W juga melakukan isolasi.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera