Hari Ini Kabupaten Solok Tambah 7 Kasus Baru COVID-19, Rekor Terbanyak Selama Pandemi

Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam
Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Sepanjang Minggu (9/8/2020), Kabupaten Solok mencatatkan penambahan 7 kasus baru Positif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). Kejadian ini merupakan jumlah penambahan kasus tertinggi dalam satu hari selama wabah melanda Kabupaten Solok .

"Hari ini, ada penambahan kasus sebanyak 7 orang, di mana sebanyak 6 orang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi di Nagari Saok Laweh dan Nagari Koto baru," terang Jubir tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Solok , Syofiar Syam.

baca juga: Lagi, Agam Tambah 26 Pasien Total 465 Warga Terjangkit

Sementara tambahan satu kasus lainnya berasal dari pemeriksaan orang dengan gejala yakni warga Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung. Penambahan 7 kasus baru menggenapkan jumlah kasus COVID-19 Kabupaten Solok menjadi 28 kasus.

"Empat orang merupakan kontak erat dengan pasien 09 asal Saok Laweh, sementara dua orang merupakan kontak erat dengan pasien 07 asal Kotobaru, dan satu orang berdasarkan hasil pemeriksaan orang dengan gejala," terangnya.

baca juga: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ajak Karang Taruna Luki Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

Terhadap tujuh warga Kabupaten Solok yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, sampai saat ini masih menjalani isolasi secara mandiri di kediaman masing-masing.

Tim Surverylans Kabupaten Solok sampai saat ini juga masih melakukan tracking dan tracing terhadap seluruh kontak erat yang memang berkaitan langsung dengan ketujuh orang pasien baru tersebut.

baca juga: Gubernur Sumbar: UMKM dan Pariwisata Harus Bergerak Walaupun Pandemi COVID-19

Selain penambahan kasus positif yang sangat drastis, Kabupaten Solok juga masih melakukan penanganan terhadap satu kasus suspek, yang tercatat sebagai warga Nagari Koto Gadang Guguek.

"Suspek merupakan orang dengan gejala ISPA dan pneumonia berat, saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Arosuka," tutupnya.

baca juga: Anggota Terpapar COVID-19, KPU Sumbar: Itu Tak Hambat Tahapan Pilkada

Penulis: Syafriadi | Editor: Rezka Delpiera