Berbeda Dari Tahun Lalu, Begini Susunan Upacara 17 Agustus Pemkab Pessel Tahun Ini

Kepala Bagian Kesbangpol Setdakab Pessel, Hardi Darma Putra
Kepala Bagian Kesbangpol Setdakab Pessel, Hardi Darma Putra (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat bakal melaksanakan upacara dengan komposisi yang berbeda pada tahun ini. Tidak hanya tempat, namun peserta upacara dan susunan lainnya juga berbeda dari tahun sebelumnya.

Kepala Bagian Kesbangpol Setdakab Pessel , Hardi Darma Putra, komposisi atau susunan ini diatur untuk mengikuti ajuran penerapan protokol kesehatan COVID-19. Sebab, memang selain dilarang mengimpun keramaian, juga adanya pengurangan kontak fisik.

baca juga: Ada Sanksi Kurungan, Ini Pesan Kapolres Pessel Soal Penerapan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru

"Jadi komposisi 17 Agustus tahun ini ada perbedaan dengan tahun lalu. Seperti Staf, PNS dan tenaga honorer, itu mengikuti upacara dengan menggunakan virtual," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, selain perserta dan tempat, waktu upacara penaikan bendera juga diatur lebih cepat. Pada tahun lalu, bersamaan dengan saat penaikan bendara di Istana sekitar pukul 10.00 WIB, tahun ini pukul 07.00 WIB.

baca juga: Bawaslu: Wali Nagari yang Ikut Politik Praktis Pemenangan Paslon Bisa Dipidana

Ia mengatakan, untuk upacara kemerdekan pagi itu, bakal dilaksanakan di halaman kantor Bupati. Berbeda pada tahun lalu yang dilaksanakan di Gor Ilyas Yakub Painan.

Sedangkan, untuk mengikuti upacara di istana akan dilaksanana secara virtual dari Painan pukul 10.00 WIB.

baca juga: Jalan Bukittinggi-Medan Amblas, Berpuluh Kendaraan Antri

"Kalau 17 Agustus lalu, kita mulai sekitar pukul 10.00 WIB, kalau tahun ini kita pukul 07.00 WIB. Jadi upacara pagi itu, tidak ada detik-detik kemerdekaan," jelasnya.

"Begitu juga saat penurunan bendara, dan termasuk peserta kita tidak mengundang siswa. Hanya Forkompinda, Sekda, Staf Ahli, Asisten dan eselon I, II dan III," tutupnya.

baca juga: Tak Pakai Masker, Belasan Warga Padang Ditindak

Sebagaimana diketahui, setiap tahun pada tanggal 17 Agustus , pemerintah dan rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan. Dan tahun ini tepat 75 tahun kemerdekaan RI, tidak hanya ditingkat pusat, namun juga di daerah kembali menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani