Pemuda Sawahlunto Temukan Lokasi Lafaz Allah yang Viral Usai Tertangkap Citra Satelit

Lafaz Allah di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto
Lafaz Allah di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto (Screenshot Video Instagram @eliticca)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Rafi Rudini (25) warga Sawahlunto berhasil menemukan keberadaan 'Lafaz Allah' yang viral usai tertangkap citra satelit dan beredar di media sosial beberapa waktu lalu. Pemuda tersebut, menggunggah video Lafaz Allah tersebut ke akun Instagramnya @eliticca pada Jumat (14/8/2020).

Rafi mengatakan, huruf Lafaz Allah tersebut, ternyata terbentuk dari areal persawahan dan disampingnya itu merupakan ladang. Untuk lokasi tepatnya di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto , lokasi tersebut bisa dijangkau dengan sepeda motor apalagi jalan kaki.

baca juga: Polisi Masih Dalami Kasus Penyegelan Rumah Wabup Solok

"Video tersebut diambil pada Kamis (13/8/2020) sekira pukul 10.00 WIB lalu, berawal dari rasa penasaran saja dengan viral penangkapan oleh citra satelit," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Sabtu (15/8/2020).

Rafi menambahkan, sebelumnya ia juga telah mencoba bertanya kepada masyarakat sekitar terkait penangkapan Lafaz Allah oleh citra satelit, namun tidak ada yang mengetahui secara pasti.

baca juga: Polres Dharmasraya Gagalkan Peredaran 20 Paket Sabu

"Akhirnya diambil keputusan, mencoba menerka daerahnya dimana, dan kemudian kami terbangkan drone dan terlihat huruf ha atau huruf terakhir Allah sedikit," ujarnya.

Semakin penasaran, Rafi mencoba menerbangkan drone dengan maksimal atau setinggi 500 meter. "Akhirnya terlihat semua dengan sempurna dari huruf alif sampai ha," ujarnya lagi.

baca juga: Nenek 75 Tahun Ditemukan Meninggal di Jalan Nipah Padang

Usai mengambil foto dan video Lafaz Allah tersebut, ia bertemu dengan masyarakat sekitar dan memperlihatkan foto tersebut.

"Ternyata tidak ada yang menyadari, ini sawah si ini dan si itu dengan menyebutkan namanya satu persatu," sebutnya.

baca juga: Ini 8 Tragedi yang Pernah Tercatat di Kalibata City

Rafi menyebutkan, rasa penasarannya telah terobati dengan ditemukannya Lafaz Allah tersebut. "Saya takjub dan bertanya kok bisa seperti itu, dan sepanjang saya lihat itu terbentuk secara alami," tuturnya.

Ia juga menyebut, rasa penasarannya itu sama dengan mengklarifikasi. "Mungkin kan, citra satelit bisa saja tidak betul, namun setelah dilihat dari dekat ternyata benar," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal