KPU Bukittinggi Periksa Ulang Berkas M.Fadhli-Yon Afrizal

Pasangan M.Fadhli (kanan) -Yon Afrizal
Pasangan M.Fadhli (kanan) -Yon Afrizal (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi melakukan verifikasi faktual ulang terhadap berkas paslon independen M.Fadhli - Yon Afrizal.

Verifikasi faktual ulangan ini dilakukan sesuai perintah Bawaslu yang mengabulkan tuntutan M.Fadli-Yon Afrizal dalam gugatan Pilkada.

baca juga: KPU Solsel Tetapkan Khairunas-Yulian Efi Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

"Hari ini hingga 26 Agustus kita melakukan verifikasi faktual ulangan terhadap berkas Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari Bapaslon Fadhli-Yon Afrizal," sebut Komisioner KPU Yasrul, Senin 24 Agustus 2020.

Verikasi faktual, kata Yasrul, dilakukan dalam bentuk sensus. Selanjutnya di 27 Agustus, dilakukan verifikasi faktual dengan menghadirkan orang yang tak ditemukan di kantor sekretariat PPS.

baca juga: Ini Kronologis Kasus Perkosaan di Bukittinggi yang Melibatkan Pasutri, Versi Kuasa Hukum Korban

"Pada 28 Agustus kita lakukan rekap. Esoknya, kita berikan kesempatan perbaikan jika syarat berkasnya tidak mencukupi sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkap Yasrul.

Ia mengatakan, pada verifikasi faktual ulang ini, pihaknya menurunkan sebanyak 89 tim verifikator untuk 24 kelurahan.

baca juga: Pasutri di Bukittinggi Ditangkap dalam Kasus Perkosaan, Ini Peran Sang Istri

"Sesuai putusan, kita akan memverifikasi sebanyak 6842 berkas yang sebelumnya dinyatakan tidak sah. Kita harap ini berjalan dengan baik," sebutnya.

Sebelumnya, jumlah berkas milik M.Fadhli-Yon Afrizal yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 1.517, sementara batas minimal jalur perseorangan di Bukittinggi adalah 8.145 bukti dukungan.

baca juga: KPU Tanah Datar Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Akibatnya, M.Fadhli merasa dirugikan dan melakukan gugatan ke Bawaslu. Setelah melakukan penelitian, Bawaslu kemudian mengabulkan sebagian gugatan dan memerintahkan verifikasi faktual ulang.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera