Minim Bantuan dari Pemerintah, Nelayan Kambang Ngadu ke Bupati Hendrajoni

Pertemuan Nelayan Pantai Lakuak Pasar Gompong bersama Bupati Pessel
Pertemuan Nelayan Pantai Lakuak Pasar Gompong bersama Bupati Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Para nelayan di Pantai Lakuak Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat keluhkan minimnya sarana alat tangkap pemerintah kepada bupati setempat.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Nelayan Karang Baru Lakuak, Syahfiir Tuk Jo Mulia, saat melakukan silaturahmi dengan Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni, Jumat 28 Agustus 2020 di Pantai Lakuak Pasar Gompong.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

"Agar produktivitas masyarakat nelayan meningkat kami berharap ada bantuan sarana tangkap dari pemerintah," ungkapnya.

Ia menjelaskan, minimnya sarana tangkap menjadi salah satu alasan penyebab produktivitas hasil tangkap nelayan menjadi rendah di Kabupaten Pesisir Selatan . Sebab, memang untuk sarana tangkap, nelayan juga membutuhkan pengembangan.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

"Kondisi itu juga dialami oleh masyarakat nelayan Lakuak Pasar Gompong Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang. Agar kondisi itu bisa teratasi, maka masyarakat nelayan berharap pemerintah daerah dapat menyalurkan berbagai bantuan, terutama sarana tangkap," terangnya.

Pada pertemuan ini, dihadiri Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan , Andi Syafinal, Kepala Bappeda Litbang, Yozki Wandri, Kepala Dinas Dukcapil, Evafauza Yuliasman, dan beberapa pejabat eselon II lainya.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

Menanggapi hal itu, Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni langsung mengabulkan. Menurutnya, penyaluran bantuan akan disegarakan pada September 2020 ini.

"Permohonan ini langsung saya respon dan ditargetkan penyalurannya September 2020 ini. Bantuan yang akan disalurkan tidak saja dalam bentuk mesin, tapi juga dalam bentuk jaring sebagai sarana tangkap," tegasnya.

baca juga: 3 Jam Debat Kandidat Putaran Kedua, Ini Hasilnya

Selain bantuan tangkap, Bupati Hendrajoni juga berencana akan menyalurkan bantuan rumah bagi nelayan . Untuk ini, ia meminta wali nagari agar segera menyiapkan proposalnya.

"Agar beberapa bentuk bantuan itu bisa disegerakan, maka kepada wali nagari saya minta untuk segera mempersiapkan proposalnya," pintanya.

Lanjutnya, saat ini ia memang harus terus berkerja keras untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat untuk bisa terpenuhi. Selain mengadalkan anggaran dari daerah, ia juga berusaha melalui pemerintah pusat.

"Untuk bisa membangun, maka saya menjalin hubungan yang baik dengan pusat. Ini dapat dilihat walau sekarang pandemi COVID-19, tapi Pesisir Selatan tetap bisa membangun," ungkapnya.

Wali Nagari Kambang Barat, Awaluddin, mengatakan bahwa di nagari itu terdapat sebelas kelompok nelayan . Sedangkan di Kampung Pasar Gompong ada tiga kelompok nelayan .

Ia mengakui, bahwa masyarakat nelayan di Nagari Kambang Barat memang belum pernah mendapatkan bantuan sarana tangkap dari pemerintah. Melalui pertemuan bupati, ia berharap itu bisa terkabul.

"Makanya melalui pertemuan yang digelar ini saya berharap apa yang disampaikan benar- benar tercapai," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera