Mulyadi: Potensi Laut Di Sumbar Nyaris Belum Termanfaatkan

Mulyadi
Mulyadi (KLIKPOSITIF/Haswandi)
AGAM , KLIKPOSITIF

- Anggota DPR RI, Mulyadi mengungkapkan potensi laut di Sumatera Barat ( Sumbar ) nyaris belum termanfaatkan sama sekali, padahal menurutnya bentangan pantai di Sumatera Barat sangat panjang dan memiliki potensi yang tinggi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Mulyadi menuturkan, sebenarnya ada investor yang akan berinvestasi di Sumatera Barat dalam bidang perikanan dan kelautan, namun terkendala beberapa faktor, seperti perizinan atau birokrasi.

baca juga: Kupak Rumah Warga, Seorang Pria Ditembak Polisi

"Pernah bertemu dengan seseorang yang ingin berinvestasi di Sumatera Barat yang akan langsung melakukan pengecekan kualitas mutu ikan yang ada di Sumatera barat dan dia langsung berangksatkan ke luar negeri ke Australia. Tapi mereka masih terkendala dengan persoalan-persoalan perizinan, persoalan dukungan dari pemerintah Sumatera Barat. Sebenarnya komitmen yang diminta cuma itu, dia ingin berinvestasi, tolong kami didukung, tolong kami jangan diganggu, tolong kami jangan dipalak," cerita Mulyadi, saat bersilaturrahmi ke Green House Lezatta, Jumat 11 September 2020.

Ia melanjutkan, investor yang ingin berinvestasi di Sumatera barat tujuannya untuk menghidupkan ekonomi warga sekitar, menampung tenaga kerja, serta tujuan lainnya untuk kepentingan Sumbar .

baca juga: Matangkan Praktik Notaris, Pengwil INI Sumbar Kembali Gelar Magang Bersama

"Tapi jangan dipalak. Belum apa-apa sudah diminta macam-macam. Ini kultur ini yang harus kita basmi. Kita beri edukasi kalau ada pihak-pihak tertentu yang mencari kesempatan dalam kesempitan ini. Harus kita lakukan pendekatan. Tapi kalau sudah pemerintah yang memberikan dorongan. tentu tidak ada lagi yang berani melakukan hambatan-hambatan ini. Saya tanya kepada rekan-rekan yang mau investasi, rata-rata itu persolannya," ungkap Mulyadi.

Mulyadi melanjutkan, sebuah pemerintah yang semakin moderen, semakin sedikit persyaratan yang diperlukan untuk berinvestasi. Fungsi dari pemerintah menurutnya adalah memfasilitasi atau fasilitator, bukan menakut-nakuti, memalak, apalagi mempersulit birokrasi. Paradigma ini menurutnya harus betul-betul diterapkan di dalam pemerintahan ke depan.

baca juga: Andre Rosiade Semakin Yakin Pasangan NA-IC Menang di Pilgub 2020

Editor: Haswandi