Gunakan Aplikasi SIPD, Pemkab Solok Percepat Pengentrian PPAS 2021

Bupati Solok, H. Gusmal minta seluruh SKPD segerakan entri RKA di SIPD
Bupati Solok, H. Gusmal minta seluruh SKPD segerakan entri RKA di SIPD (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Solok mengebut proses pengentrian Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2021 dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) untuk penyusunan APBD tahun 2021.

Bupati Solok, H. Gusmal mengatakan, berbeda dengan sebelumnya, dalam penyusunan APBD 2021, pemerintah daerah mengacu pada Permendagri No.90 tahun 2019 tentang klarifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

baca juga: Al-Azhar Mesir Memanggil, Hafizah Asal Solok Belum Juga Punya Biaya

"Penyusunan APBD tahun 2021 menggunakan aplikasi SIPD yang ditetapkan oleh Permendagri dengan menggunakan akun sekda sebagai admin daerah, akun barenlitbang sebagai admin perencanaan dan akun BKD sebagai admin keuangan," ungkap Gusmal, Rabu (16/9/2020).

Menurut Gusmal, dalam KUA/PPAS pemkab. Solok memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang bersifat mandatoring spending (wajib) seperti belanja rutin, DAK/Nonfisik, BOS, Kapitasi dan Prioritas Daerah serta kegiatan-kegiatan berkelenjutan.

baca juga: Positif Covid-19 di Solok Capai 221 Kasus, 6 Orang Meninggal

Salah satu yang menjadi prioritas Gusmal yakni program-program yang mendukung penuh terhadap realisasi Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 yang menjadi periode kepemimpinannya sebagai Bupati Solok.

"Saya ingin sekali bahwa target RPJMD yang disusun pada tahun 2016 lalu hendak nya pada tahun 2021 sudah mencapai 100%," tutur Gusmal di hadapan pimpinan OPD.

baca juga: Iriadi Dt Tumanggung Adukan KPU dan Bawaslu Kabupaten Solok Terkait Pencemaran Nama Baik ke Mapolda Sumbar

Dirinya meminta kepala SKPD secepat mungkin mengentrikan Rencana Kerja Anggaran (RKA) pada aplikasi SIPD yang pembahasannya akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 September 2020 nanti.

Sementara itu, kepala BKD Kabupaten Solok , Editiawarman mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dan menetapkan data pendukung yang antara lain ASB, SBU, SSH dan HSPK sebagai dasar penyusunan program dan kegiatan SKPD

baca juga: Mahasiswa Solok Tolak UU Ciptaker, Bupati Bakal Teruskan ke Pemerintah Pusat

"Penyusunan APBD 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tidak ada lagi belanja tidak langsung maupun belanja langsung, tahun 2021 yang ada hanya belanja operasi, belanja barang dan jasa dan belanja barang," tutupnya.

Kegiatan percepatan pengentrian PPAS tahun 2021 dilakukan selama dua hari di gedung Solok Nan Indah, komplek kantor Bupati Solok.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi