Audy Sebut Sumbar Punya Potensi Jadi Lumbung Jagung Nasional, Pasbar Salah Satu Titiknya

Kiri, Ketua DPD PKS Pasaman Barat Fajri Yustian bersama Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi
Kiri, Ketua DPD PKS Pasaman Barat Fajri Yustian bersama Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Audy Joinaldi, pasangan dari bakal calon Gubernur Propinsi Sumatera Barat Mahyeldi menyebut bahwa Pasaman Barat bisa menjadi salah satu titik tujuan dari produk unggulan mereka dalam sektor pertanian.

Hal itu dikatakannya kepada KLIKPOSITIF usai melakukan sosialisasi dan berdiskusi dengan dua kader partai pengusung yakni kader PKS dan kader PPP, di Aula Yaptip Simpang Empat, Pasaman Barat, Sabtu (19/9/2020).

baca juga: Kemenperin Dorong IKM Manfaatkan Teknologi Digital

"Salah satu produk unggulan kami yakni hilirisasi, produksi dan juga peningkatan produk-produk pertanian," sebut calon wakil Gubernur Sumatera Barat itu.

Menurutnya Sumatera Barat bisa menjadi sebagai salah satu propinsi lumbung jagung nasional. Salah satu titik sentral jagung itu berada di Pasaman Barat.

baca juga: Kekhawatiran Akan Pandemi Dorong Harga Minyak Dunia Anjlok

"Kita ingin Sumatera Barat ini sebagai salah satu propinsi lumbung jagung nasional dan kita tahu Pasaman Barat adalah satu satu sentral jagung di propinsi ini," katanya.

"Jadi itu satu potensi disektor hulu pertanian dan bisa dikembangkan. Kita tahu penerapan di Pasaman Barat ini di sektor pertanian tetapi dalam artian luas seperti peternakan, pertanian dan perkebunan," sambungnya.

baca juga: Hyundai Mengaku Merugi Akibat Recall

Audy juga mengaku telah berkeliling ke beberapa kelompok tani dan kelompok ternak di Pasaman Barat. Kata dia banyak yang perlu dibenahi dan dibangun dalam sektor pertanian dalam artian luas.

Lanjutnya menjelaskan, pembenahan itu dalam artian peningkatan dalam titik seperti peningkatan benih-benih jagung , membuka lahan baru CPCL dan calon petani lahan baru.

baca juga: Kasus Pandemi Terus Bertambah, Harga Emas Dunia Melesat

"Kita juga mencoba mencari bantuan-bantuan baru dari kementrian dan bukan berpangku tangan dari APBD Propinsi saja," jelasnya.

"Itu sebenarnya banyak di pusat, ya. Dalam hal benih, pupuk, pembukaan lahan baru, calon petani dan calon lahan," sambungnya.

Ia juga berharap dan berkeinginan suatu saat Propinsi Sumateta Barat bisa mandiri benih jagung dan menjadi lumbung jagung secara nasional.

"Kita ingin suatu saat Sumatera Barat bisa mandiri dalam hal benih jagung dan Kabupaten Pasaman Barat ini bisa menjadi titik salah satu tujuan itu," harapnya.

Disamping itu ia meyakini jika bersama-sama dalam hal pemilihan gubernur (Pilgub) dengan konsolidasi yang dilakukannya dengan dua partai pengusung PKS dan PPP bisa dimenangkan, khususnya di Pasaman Barat.

"Kita yakin dan berusaha bersama-sama dengan konsolidasi dengan dua partai pengusung PKS dan PPP bisa meraup suara di Pasaman Barat," ujarnya.

"Diluar itu, kita juga punya relawan dan simpatisan serta non partai. Artinya kita bergerak bersama-sama dengan optimis lah," sambungnya.

Sementara Ketua DPD PKS Pasaman Barat, Fajri Yustian mengatakan hari ini adalah hari konsolidasi PKS yakni internal partai dan meyakini bisa meraup suara di Pasaman Barat.

"InshaAllah, dengan konsolidasi ini mesin PKS sudah mulai bergerak memenangkan pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy di Pasaman Barat," katanya.

Fajri Yustian juga sangat optimis bisa meraup suara sah yang besar di Pasaman Barat, jika kedua mesin partai yang berkoalisi ini yakni PKS dan PPP bergerak secara bersama-sama.

"Kita juga solid dan optimis, PKS dan PPP khususnya untuk Pilgub ya. Target kita meraup suara sah Pilgub minimal 35 persen, InshaAllah," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri