Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF -PemerintahProvinsi Sumatera Barat menetapkan Agam sebagai zona merah COVID-19 karena tingginya resiko penularan. Sebelumnya, Agam menyandang status zona orange yang beresiko sedang.

"Berdasarkan evaluasi dan perhitungan 15 indikator kesehatan, terjadi perubahan zonasi daerah. Ini berlaku 20-26 September mendatang. 27 September akan diumumkan kembali sesuai indikator yang ditetapkan," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, Minggu 20 September 2020.

baca juga: Pandemi Picu Masalah Keharmonisan Hubungan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi

Perhari ini, menurut Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Agam Martiaswanto menyebut, terjadi penambahan 11 kasus terbaru sehingga total kasus menjadi 437 dengan rincian 136 sembuh, 8 meninggal dan sisanya menjalani perawatan maupun isolasi mandiri.

Dalam seminggu terakhir Agam menambah 129 pasien atau 18,4 pasien perharinya.

baca juga: P2G: Lapor Mas Nadiem, Sekolah di 19 Provinsi Belum Dapat Kuota Internet Gratis

Untuk jumlah kasus suspek atau warga dicurigai terinfeksi, tercatat sebanyak 108 orang dan warga yang terindikasi memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi sebanyak 1.460 orang.

"Dengan status zona merah tersebut, kami meminta kepada warga Agam untuk benar-benar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Semoga pandemi ini cepat berakhir," ujar Martiaswanto.

baca juga: Bawa 6 Jerigen Tuak, Pengendara Ini Ditangkap Saat Razia Masker di Payakumbuh

Kasus COVID-19 di Agam sebagian besarnya terjadi dalam 2 Bulan terakhir. Dari total 16 Kecamatan di Agam , yang menjadi penyumbang kasus terbanyak adalah Matur dengan 45 kasus, Banuhampu 44 kasus dan Ampek Angkek 42 kasus.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Fitria Marlina