Pemko Pariaman Bangun 1.000 Septic Tank untuk Warga

Wali Kota Pariaman Genius Umar
Wali Kota Pariaman Genius Umar (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pemerintahan Kota Pariaman akan membangun 1.000 unit septic tank untuk warga kota dari dana hibah Pemerintah Pusat.

Walikota Pariaman , Genius Umar mengatakan rencana pembangunan tersebut diajukan pada tahun 2019 dan disetujui tahun ini. "Iya, bersyukur, Pemerintah Pusat telah menghibahkan kepada kita untuk membangun 1000 septic tank. Ini untuk warga dengan penghasilan menengah ke bawah," ungkap Genius Umar, Senin 21 September 2020.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

Lebih lanjut Genius menuturkan, satu kepala keluarga (KK) akan mendapatkan 1 septic tank yang artinya akan ada 1000 rumah dapat septic tank gratis.

"Kendatipun gratis, namun ini menjadi tanggung jawab Pemko Pariaman untuk mengembalikan dana hibah itu kembali. Untuk saat ini proses sudah masuk pada tahap kontrak dengan pihak ketiga yang memenangkan tender," sebut Genius Umar.

baca juga: Patroli saat Libur Panjang, Polisi Pariaman akan Menyasar Lokasi Objek Wisata

Sementara itu Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman , Mulyawan mengatakan, bantuan septic tank ini telah dibagi di 4 (empat) kecamatan.

"Kita memberikan bantuan septic tank kepada masyarakat menengah kebawah dan khusus kepada mereka yang belum mempunyai septic tank. Rumah yang menerima bantuan ini diberi tanda berupa stiker yang telah dipasang langsung oleh orang pusat sambil meninjau lokasi penerima bantuan," terangnya.

baca juga: Operasi Zebra, Ini Harapan Kasat Lantas Polres Pariaman

Untuk Kecamatan Pariaman Selatan 14 desa, Pariaman Tengah 10 desa, Kecamatan Pariaman Utara 8 desa dan Kecamatan Pariaman Timur 7 desa. Jadi ada 39 desa se Kota Pariaman yang mendapatkan bantuan septic tank.

"Tahun ini memang baru 39 desa yang mendapatkan bantuan septic tank individual, namun sebelumnya Pemko Pariaman juga telah memberikan bantuak ipal komunal. Insya allah untuk Tahun 2021 telah kita usulkan lagi bantuan ini, semoga bisa direalisasikan," ungkapnya.

baca juga: Usung Program Kerakyatan, Masyarakat Pasar Gadang Pancung Soal Pessel Dukung Fakhrizal-Genius Umar Pimpin Sumbar

Dikatakannya juga, penerima bantuan ini adalah mereka yang telah memenuhi syarat. Adapun syaratnya antara lain, rumah tidak ada septic tank dan jamban, ada jamban tidak ada septic tank dan septic tank sudah tidak layak pakai seperti bocor.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani