Rekor 50 Kasus COVID-19 Dalam Sehari, Ini Kata Dinas Kesehatan Bukittinggi

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Hari ini, Senin 21 September 2020, Bukittinggi mencatat rekor harian selama pandemi COVID-19 dengan 50 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Yandra Fery mengatakan, jumlah 50 kasus didapat setelah pihaknya dengan agresif melakukan tes swab terhadap warga yang berkontak erat dengan kasus konfirmasi.

baca juga: Pandemi Picu Masalah Keharmonisan Hubungan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi

"Hari ini kita rekor, ada tambahan 50 kasus. Ini merupakan hasil tracing sejak beberapa waktu terakhir, bukan dari kluster tertentu. Semoga pandemi segera berakhir," ucap Yandra saat dikonfirmasi.

Ia menyebut, 50 pasien yang positif ini berasal dari berbagai kalangan seperti masyarakat umum, pegawai maupun yang lainnya.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

"Penambahan kasus berarti kita telah bekerja dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 dengan mendeteksi warga yang tertular," ucapnya optimis.

Yandra mengatakan, masih ada sekitar 400 lagi hasil swab yang belum keluar dan ia berharap agar tak ada penambahan kasus terbaru.

baca juga: P2G: Lapor Mas Nadiem, Sekolah di 19 Provinsi Belum Dapat Kuota Internet Gratis

Dengan meledaknya kasus hari ini, maka total pasien positif di Bukittinggi sejak awal penularan menjadi 298, meninggal 6 orang, sembuh 43 dan sisanya menjalani perawatan maupun isolasi mandiri.

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung 6 bulan di Bukittinggi , kasus awal terjadi di Maret dan meledak drastis dalam 2 bulan terakhir dengan lebih dari 250 kasus.

baca juga: Bawa 6 Jerigen Tuak, Pengendara Ini Ditangkap Saat Razia Masker di Payakumbuh

Peningkatan kasus yang drastis ini, tentu harus ditanggapi bijak oleh warga dengan lebih memperketat protokol kesehatan sehingga terhindar dari penularan virus.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi