Target Bangun Jalan 7,9 Kilometer, TMMD ke 109 di Pessel Resmi Dimulai

Peresmian TMMD ke 109 di Pessel
Peresmian TMMD ke 109 di Pessel (Pendim 0311 Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, Hendrajoni resmi membuka pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 109 di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Selasa 22 September 2020.

Peresmian ini dilangsungkan di gedung Painan Convention Centre (PCC). Selain Dandim Dandim 0311 Pessel , Letkol Inf Gamma Arthadillah Sakti. Peresmian ini juga dihadiri Kasrem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Amrizen dan Kasiter 032 Wirabraja, Kol Kav Husnizon.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Hendrajoni mengatakan, TMMD merupakan program TNI dalam mendukung percepatan pembangunan, khususnya di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara. Sebab, memang selain Pemda, peran TNI juga dibutuhkan dalam percepatan pembangunan salah satunya dengan TMMD.

"Sebab di nagari itu masih terdapat beberapa kampung terpencil yang sulit diakses karena masih terbatasnya sarana jalan. Melalui TMMD ini, sehingga TNI menargetkan membuka akses jalan sepanjang 7,9 kilometer, disamping itu juga melakukan rehap rumah tidak layak huni (RTLH)," ungkapnya.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

Ia, berharap progam TMMD dengan melibatkan lintas sektoral benar-benar memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat setempat. "Serta juga mampu membantu pemerintah dalam melakukan perluasan wilayah melalui pembukaan akses jalan untuk menuju kampung-kampung terpencil tersebut," ujarnya.

Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Amrizen menjelaskan, bahwa kegiatan yang akan dilakukan selama satu bulan ke depan itu, melibatkan 150 personil. Ia menjelaskan, sasaran TMMD ke 109 dilakukan di tiga nagari dengan membuka akses jalan sepanjang 7,9 kilometer, dari Nagari Pancung Taba, menuju Dilan dan dari Dilan ke Limau Gadang. Selain itu juga ada kegiatan rehab rumah tidak layak huni 10 unit dan pembuatan gorong-gorong sebanyak 3 unit pula.

baca juga: Bawaslu Pasbar Kembali Teruskan Dua Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Ia berharap, bakti TNI tersebut benar-benar mampu menjawab keluhan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi sesuai dengan tema yang dimiliki tahun ini, yakni Pengabdian Untuk Negeri. Disampaikannya, kegiatan itu sudah dimulai melalui Pra TMMD, sejak 4 sampai 21 September 2020 lalu.

"Sedangkan untuk kegiatan non fisik adalah sosialisasi wawasan kebangsaan, kerukunan umat beragama, bahaya narkoba, serta juga sosialisasi tentang protokol Kesehatan COVID-19,"terangnya.

baca juga: Tren Pelanggaran Perda AKB di Pariaman Meningkat

Sebelumnya, Dandim 0311 Pessel , Letkol Inf Gamma Artadila Sakti mengungkapkan, pelaksanaan TMMD ke 109 ini dibuka 22 September hari ini, dan berlanjut hingga 21 Oktober 2020.

Sesuai target program, Satgas TMMD bakal membuka jalan akses 7,9 kilometer dari Pancung Taba-Kampung Dilan. Selain itu, juga adakegiatan fisik lainya, salah satunya bantuan program bedah RTLH dari Baznas Pemkab Pessel , yang mendapat bantuan sebanyak 5 RLTH.

Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti berpersan, agar personel agar selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan. "Semoga kegiatan ini nantinya berjalan lancar dan sukses. Tentunya, dengan dukungan seluruh masyarakat serta steakholder terkait," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani