Pengurus LKAAM Limo Kaum Dikukuhkan, Plt Bupati Tanah Datar Ingatkan Hal Ini

Pengukuhan Pengurus LKAAM Kecamatan Limo Kaum Tanah Datar
Pengukuhan Pengurus LKAAM Kecamatan Limo Kaum Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Wakil Ketua LKAAM Tanah Datar Rusyadrijal Datuk Rajo Manso melantik Kepengurusan LKAAM Kecamatan Limo Kaum masa bakti 2020-2025 di Gedung Serbaguna Kecamatan Limo Kaum, Selasa 22 September 2020.

Dari hasil musyawarah LKAAM Kecamatan Limo Kaum terpilih selaku ketua umum Erdimaizul Datul Rajo Malano, Ketua I Abdul Maliksir Datuk Tamandaro, Ketua II Afton Zuid Datuk Jo Penghulu, Sekretaris Yudarmi Datuk Rajo Ameh dan Bendahara Editiawarman Mukhtar Datuk Sinaro Basa.

baca juga: Hari Ini 11 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Satu Orang Meninggal Dunia

Wakil Ketua LKAAM Tanah Datar R. Datuk Rajo Manso menyampaikan KAN dan LKAAM sejalan dalam penyelesaian silang sengketa yang terjadi, wewenang KAN salingka nagari, dalam artian KAN di nagari tidak bisa menyelesaikan permasalahan di kecamatan apalagi di kabupaten, dari itu perpanjangan tangan KAN adalah LKAAM di kecamatan.

"Hal ini harus dipahami bersama sehingga tidak ada lagi muncul anggapan jika LKAAM turut menyelesaikan permasalahan di nagari dikatakan Adat Salingka Nagari, jadi tidak ada urusan LKAAM ," tuturnya.

baca juga: Dukung Pembukaan Objek Wisata Baru, Dinas Parpora Tanah Datar Harapkan Hal Ini

Ia menyebut LKAAM sebagai lembaga yang memfasilitasi kepentingan masyarakat kepada pemerintah dan begitu juga bagaimana LKAAM itu beradaptasi dengan adat dan tidak pula tumpang tindih dengan KAN.

Sementara itu Plt. Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma mengatakan untuk menyelaraskan pemahaman adat terutama pemangku adat apalagi itu pada saat acara-acara tertentu, harus ditonjolkan agama, adat dan budaya itu.

baca juga: Keliling Tanahdatar, Andre Rosiade Tebar Bantuan dan jadi Saksi Nikah Warga

"Pemangku adat di daerah sebagai cerminan yang harus menyesuaikan cara berpakaian maupun memposisikan diri, dan itu harus diaplikasikan," ucap Zuldafri.

Terkait anggaran LKAAM kecamatan yang minim, ke depan pihaknya akan berupaya bisa diusahakan dari anggaran LKAAM kabupaten mengingat APBD sudah ketok palu. (*)

baca juga: Meraih Empat Prestasi Nasional, Pemkab Ucapkan Terima Kasih Pada Masyarakat Tanah Datar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi