Bakti Mahasiswa Baru, Rektor Perkenalkan 11 Program studi di Tamansiswa Padang

penyambutan mahasiswa baru Universitas Tamansiswa Padang, Sabtu (3/10/2020)
penyambutan mahasiswa baru Universitas Tamansiswa Padang, Sabtu (3/10/2020) (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Rektor Universitas Tamansiswa Padang, Sepris Yonaldi, SE.MM menyambut langsung mahasiswa baru yang bergabung di kampus tersebut pada Sabtu, 3 Oktober 2020 dengan memperkenalkan sejarah dan perkembangan kampus itu, hingga mengenalkan 11 program studi unggulannya.

Kegiatan mahasiswa baru dengan tema Bakti Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Tamansiswa Padang tersebut juga dilangsungkan secara Live via Zoom, Instagram, dan Youtube kerena adanya pandemi Covid-19.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Selain mahasiswa, Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Ketua BPPTTS beserta Pengurus, Wakil Rektor, Dekan dan wakil dekan, serta Ketua Program Studi di Lingkungan Universitas Tamansiswa Padang, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Tamansiswa Padang.

Dalam sambutannya pada Bakti Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/202 Universitas Tamansiswa Padang, Sepris Yonaldi mengatakan, 11 Program studi dari 3 Fakultas yang ada di kampus tersebut yakni untuk Fakultas Hukum terdiri dari Prodi Ilmu Hukum .

baca juga: Hari Ini, 11 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Meninggal 1 Orang

Di Fakultas Pertanian terdiri dari Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Peternakan, Prodi Agribisnis, Prodi Agroteknologi, Prodi Aktuaria,dan Prodi Magister Agroteknologi.

Sementara Fakultas Ekonomi terdiri dari Prodi Ilmu Manajemen, Prodi Geografi, Prodi Kewirausahaan, Prodi Manajemen Ritel

baca juga: Hasil Rapid Test, Puluhan Orang Pengawas TPS di Pasaman Barat Reaktif Covid-19

"Hari ini, kami sungguh berbangga, menyambut kehadiran 11 Program Studi mahasiswa baru Universitas Tamansiswa Padang. Selamat datang semuanya, selamat datang calon-calon pemimpin umat dan bangsa," kata Rektor.

Ia menambahkan, kemarin anda masih dipanggil anak-anak, kini kita panggil Saudara, karena di kampus ini Anda adalah Orang Dewasa, yang akan menjadi bagian dari masyarakat ilmiah yang disebut dengan Civitas Akademika.

baca juga: Pemerintah Tetapkan 9 Desember Sebagai Hari Libur Nasional

"Civitas Akademika itu, terdiri atas dosen dan mahasiswa, yang akan menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan, menyampaikannya dalam pembelajaran, serta mengamalkannya melalui pengabdian kepada masyarakat," jelasnya.

Rektor menegaskan, inilah yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, mulai saat ini, Saudara semua hendaknya dapat berpikir, berperilaku dan berinteraksi sebagai orang dewasa. Yaitu, orang yang sadar akan dirinya, yang bertanggung jawab atas diri dan masa depannya.

Sehubungan dengan itu, Ketua Panitia Yuni Candra, SE.MM menjelaskan Universitas Tamansiswa Padang pada tahun 2020 tepat di usia 34 tahun sudah dinobatkan oleh Kemenristekdikti sebagai universitas yang berada pada kluster 4 universitas terbaik di Indonesia yaitu berada pada peringkat 110 dari 3320 Pergutruan Tinggi Negeri dan swasta Se Indonesia atau salah satu Perguruan Tinggi swasta terbaik di lingkungan LLDikti wilayah 10 (Sumbar, riau jambi dan kepri).

"Dan demikian juga menurut Webometrics, Unitas Padang berada dalam 656 universitas terbaik dari 3320 PT se-Indonesia. Artinya, anda tidak perlu minder, dan berkecil hati ketika nanti bersaing dan berkompetisi dalam menempuh karir sebagai wirausahawan ataupun didunia kerja ketika sudah menamatkan gelar keserjanaan distrata satu. Kalian semua se-level, sepadan dengan universitas -universitas terbaik di Indonesia." kata Yuni Candra.

Ia menambahkan, apalagi di kampus ini, anda dibekali dengan Konsep Pendidikan Ketamansiswaan yang di ajarkan oleh Bapak pahlawan Pendidikan nasional Ki.hajar dewantara dimana tanggal kelahiran beliau pada 2 mei diperingati sebagai hari pendidikan nasional, sekaligus beliau adalah pendiri Perguruan Tamansiswa Indonesai pada Tahun 1922 jauh sebelum Indonesia Merdeka, serta anda semua didukung dengan kearifan lokal berupa : kemauan untuk bekerja keras dan kemampuan bekerjasama yang baik. Sehingga dengan bekal tersebut, anda akan mampu berkiprah dan bersamasama membesarkan nama Universitas Tamansiswa Padang.

Editor: Eko Fajri