Kembali Makan Korban, PT KAI Divre II Sumbar Ingatkan Agar Masyarakat Tak Nekat Terobos Palang KA

Perlintasa Kereta Api
Perlintasa Kereta Api (Ist)

KLIKPOSITIF -Kepala Humas PT KAI Divre II Sumatera Barat, U. Rusen Permana kembali mengingatkan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati saat akan melewati perlintasan sebidang kereta api .

Hal itu berkaitan dengan terjadinya peristiwa tertempernya kereta pengangkut rel oleh sebuah mobil di perlintasan tidak resmi di Km 10 + 800 antara Stasiun Padang - Stasiun Tabing,

baca juga: Ini Penjelasan PT KAI Sumbar Terkait Kecelakaan di Perlintasan Liar Pariaman

"Selalu tengok kanan-kiri untuk memastikan tidak ada kereta yang akan melintas. Jika ada kereta yang melintas, maka pengendara wajib mendahulukan perjalan kereta api ," tegas Rusen melalui keterangan tertulis yang diterima KLIKPOSITIF .

Hal tersebut sesuai dengan UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 yang menyatakan bahwa pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api .

baca juga: Kereta Api Tabrak Mobil di Pariaman, Warga dan Plt Walikota Pariaman Sebut Diluar Jadwal Biasa Serta Tidak ada Penjaga Perlintasan

Selain itu, sudah menjadi regulasi bagi Masinis kereta api untuk membunyikan klakson kereta saat akan melewati atau menemui perlintasan dan tempat tertentu di mana terjadi keramaian.

"Sekali lagi saya ingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati saat akan melewati perlintasan sebidang dan perhatikan segala aspek demi keselamatan bersama" tutup Rusen.

baca juga: Kereta Api Tabrak Mobil di Pariaman, Satu Keluarga Dilarikan ke Rumah Sakit

Editor: Khadijah