Jadi Tuan Rumah Forum Kebencanaan Dunia, Jokowi: Momen Promosi Pariwisata

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Net)

KLIKPOSITIF - Bali terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum Internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap forum ini bisa dijadikan momentum mempromosikan pariwisata Tanah Air.

baca juga: Luhut Evaluasi Ekspor Benih Lobster, Kalau Bagus Jalan Terus

Jokowi menuturkan GPDRR merupakan forum 2 tahunan yang dibentuk PBB United Nations Office for disaster risk reduction untuk mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam penanganan kebencanaan.

"Forum yang dibentuk oleh PBB United Nations Office for disaster risk reduction, untuk meninjau kemajuan berbagai pengetahuan, mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam penanganan kebencanaan," ujar Jokowi dalam ratas persiapan Penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) Tahun 2022 secara virtual dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/10/2020).

baca juga: Rizieq Shihab Diperiksa Soal Kerumunan, FPI Sebut Itu Kriminalisasi

Setidaknya ada 5.000 sampai 7.000 peserta dari 193 negara yang akan mengikuti forum ini. Jokowi mengatakan forum ini bisa dijadikan ajang mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Tentu saja jangan sampai lupa bahwa kehadiran 190-an negara tadi dapat kita gunakan untuk momentum mempromosikan pariwisata Indonesia," katanya.

baca juga: Sudah Jalani Swab, Kini Rizieq Shihab Tak Mau Ungkap Hasil Test

Untuk itu, Jokowi meminta jajaran terkait mempersiapkan penyelenggaraan GPDRR dengan baik.

Tak hanya itu, Mantan Wali Kota Solo itu menekankan GPDRR dimanfaatkan untuk kepentingan nasional dan sekaligus penegasan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia.

baca juga: Ini Tiga Senjata Pemrintah Untuk Bangkitkan Kembali Sektor Pariwisata

"Pentingnya kita memanfaatkan Konvensi berskala dunia ini untuk kepentingan nasional kita sekaligus penegasan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia," kata Jokowi

Editor: Eko Fajri