Misi NA-IC Sektor Kesehatan: Prioritaskan Penanganan COVID-19 dan Fasilitas Kesehatan

Nasrul Abit - Indra Catri
Nasrul Abit - Indra Catri (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pasang calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit - Indra Catri punya niat tulus untuk membangun Sumbar lima tahun ke depan. Salah satunya bidang kesehatan . Pasangan ini telah menyiapkan program unggulan untuk meyakinkan masyarakat.

Juru bicara tim pemenangan NA-IC, Hidayat menjelaskan, langkah awal yang dilakukan pasangan ini adalah meningkatkan anggaran jaminan kesehatan bagi keluarga kurang mampu yang belum tercover BPJS Kesehatan melalui Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS).

baca juga: Nasrul Abit Akan Libatkan Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Wisata Mandeh

"Saat ini angka masyarakat Sumbar yang belum tercover dalam BPJS Kesehatan mencapai 1,6 juta orang. Terbukti banyak bermasalah soal jaminan kesehatan saat mereka sakit, maka ini akan jadi salah satu prioritas NA-IC," terangnya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Sabtu, 17 Oktober 2020.

Kemudian dilanjutkan Hidayat, NA-IC akan fokus meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan di RSUD milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) seperti Rumah Sakit Ahmad Mochtar, RSUD Pasan Pariaman, RSUD Mohammad Natsir Solok, RS Paru Padang Pariaman dan RSJ HB Saanin melalui kerjasama pembiayaan pihak ketiga.

baca juga: Ini Dampak Kelamaan Duduk Lama saat WFH

"RS kita saat ini belum berkembang secara maksimal. Kami ingin RS ini ditingkatkan baik kelas maupun fasilitas kesehatan . Kami juga akan lakukan kajian serta mendorong secara regulasi agar pihak ketiga bisa masuk dalam pengembangan terkait pendanaan. Jika RS ini sudah berkembang, penanganan kesehatan di daerah bisa diatasi, sehingga tidak sedikit-sedikit dirujuk ke M Djamil," jelasnya.

Progam kerja selanjutnya, NA-IC akan memperbanyak tempat - tempat ruang isolasi bagi pasien COVID-19 sesuai kebutuhan (jika pandemi belum berakhir). Menurut Hidayat, peningkatan kasus positif COVID-19 saat ini harus tangani dengan mempersiapkan sarana dan prasarana.

baca juga: Contoh Anis Baswedan, Nasrul Abit Ingin Buat Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan

"Kita harus siap dan punya langkah kongkrit dalam penanganan wabah COVID-19. Termasuk memanfaatkan gedung-gedung pemerintah untuk Isolasi," ungkapnya.

Terakhir, mengoptimalkan fungsi BPOM Sumbar dalam melakukan pengawasan obat dan makanan yang layak konsumsi. Hidayat optimis semua program itu akan berjalan dengan baik, apalagi latarbelakang NA dari PNS kesehatan saat di Lampung.

baca juga: Akhir Pekan Ini, Pemkab Pessel Bakal Sasar Pelanggaran Protokol Kesehatan di Objek Wisata

"Saya optimistis progam ini berjalan dengan baik jika NA-IC terpilih. Ini berkait - kait dengan pemulihan ekonomi setelah pandemi, sebab intinya memprioritaskan pencegahan dan pengendalian COVID-19 serta pemulihan ekonomi pascapandemi," tutur Hidayat mengakhiri. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir