Urai Kemacetan, NA-IC Berencana Bangun Jalan Layang Sitinjau Laut Indarung - Solok

Calon gubernur Sumbar nomor urut dua Nasrul Abit saat safari politik ke Rumah Gadang Reinier Datuak Mangkuto Alam
Calon gubernur Sumbar nomor urut dua Nasrul Abit saat safari politik ke Rumah Gadang Reinier Datuak Mangkuto Alam (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pasangan Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit - Indra Catri (NA-IC) punya rencana besar membangun provinsi itu di sektor infrastruktur.

Pasangan calon nomor urut 2 ini berencana membangun fly over atau jalan layang di Sitinjau Laut menghubungkan Indarung - Solok. Rencana tersebut sebagai wujud visi misi NA-IC "Terwujud Sumatera Barat Unggul untuk Semua".

baca juga: Kawal Kemenangan NA-IC, Andre Koordinasi dengan DPC Gerindra Payakumbuh dan Limapuluh Kota

"Rencana ini bukan tanpa alasan, bisa sama-sama kita lihat bagaimana macetnya di Sitinjau Laut itu. Belum lagi bahayanya, jika hujan longsor dan kecelakaan kendaraan lainnya," ungkap Nasrul Abit saat safari politik ke Kota Solok, Minggu, 18 Oktober 2020.

Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode ini menjelaskan, progam unggul untuk semua yang diusungnya harus berdampak langsung kepada perekonomian masyarakat.

baca juga: Harapan Besar Petani kepada Mulyadi Bila Jadi Gubernur

"Macet di Sitinjau Laut masyarakat bisa rugi, terutama bagi mereka yang mengirim sayur mayur dari Solok ke Padang, Kabupaten Solok ke Padang, mereka yang dari Solok Selatan, Sijunjung, Sawahlunto dan Dharmasraya ke Padang atau sebaliknya," ujarnya.

Menurut Nasrul Abit , jika akses lancar perekonomian masyarakat juga akan lancar. Sehingga tidak banyak persoalan timbul ditengah masyarakat.

baca juga: Andre Rosiade Semakin Yakin Pasangan NA-IC Menang di Pilgub 2020

"Ini saling berkait satu sama lain. Akses mesti kita perbaiki. Jalan layang Sitinjau Laut Indarung - Solok ini akan jadi jalan layang kedua setelah Kelok Sembilan" tuturnya.

Tentu tidak semudah itu lanjut Nasrul Abit . Hutan lindung akan menjadi kendala dalam mewujudkan rencana mulia tersebut. Untuk itu dalam pertemuan di Rumah Gadang Reinier Datuak Mangkuto Alam itu Nasrul Abit minta dukungan ninik mamak serta masyarakat agar rencana itu bisa tercapai.

baca juga: Sering Muncul di Televisi Jadi Alasan Warga Ini Pilih Nasrul Abit

"Jika kami terpilih, kami kumpulkan ninik mamak, tokoh masyarakat dan semua pihak terkait untuk membicarakan hal ini," katanya.

Rencana Nasrul Abit disambut baik oleh Reinier Datuak Mangkuto Alam. "Ply over bisa mengurai kemacetan dan musibah seperti longsor di Sitinjau Laut," sebutnya setuju dengan rencana tersebut

Calon Wali Kota Solok itu mengatakan, jika akses Indarung - Solok bagus, akan berdampak positif kepada Kota Solok.

"Perputaran pangan kita seperti sayur - mayur, beras Solok dan pangan lainnya bisa cepat. Ini sungguh gagasan yang brilian," ungkapnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir