Atasi Sampah di Pantai Air Manis, PT PSM Berencana Buat Paving Block dari Sampah Plastik

Pantai Air Manis Padang
Pantai Air Manis Padang (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Perusahaan Daerah (Perusda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM) akan membuat pavin blok dari sampah plastik yang bertebaran di Pantai Air Manis.

"Saat ini jumlah sampah di Pantai Air Manis sangat banyak. Kebanyakannya dibawa oleh arus laut," kata Direktur PT PSM, Poppy Irawan.

baca juga: Tanah Datar Sudah Kirim 5.939 Sampel, 557 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19

Ia mengatakan, pihaknya agak kewalahan dengan jumlah sampah plastik yang dibawa oleh arus laut itu. "Jumlahnya cukup banyak sampah yang ada di Pantai Air Manis. Makanya kami memiliki ide untuk membuat paving block," lanjutnya.

Saat ini, untuk pengelolaan sampah di Pantai Air Manis, pihaknya masih bekerja sama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang .

baca juga: Melalui Virtual Charity Run and Ride PLN, Sambung Listrik Gratis untuk Lebih Ribuan Rumah di Sumatera dan Kalimantan Barat

"Setiap harinya pihak DLH membawa sampah itu empat sampai lima truk dari Pantai Air Manis," lanjutnya.

Menurutnya, jika sampah plastik itu dibuat paving block, permasalahan sampah plastik itu akan teratasi. Tidak hanya itu, paving block tersebut juga bisa digunakan sebagai lantai di Pantai Air Manis.

baca juga: Banjir di Jondul Rawang Padang Mulai Masuk Rumah, Warga Masih Bertahan

"Untuk rencana ini akan kami laksanakan secepatnya dan hasilnya nanti akan kami gunakan sendiri terlebih dahulu," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani