Penjelasan KPU Sumbar Terkait Pemilih OTG, PDP, dan Isolasi Mandiri

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar, Izwaryani
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar, Izwaryani (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengatakan bagi pemilih yang isolasi mandiri, Orang Tanpa Gejala (OTG), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 saat pemilihan kepala daerah bisa melakukan langkah pindah memilih.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, untuk pasien OTG, tetap bisa melakukan pemilihan karena mereka masih pakai masker. "Dan ini benar-benar OTG, namun jika ada gejala kecilnya kita arahkan ke bilik khusus," katanya di Padang, Kamis, 22 Oktober 2020.

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Sebut Paslon Punya Kecenderungan Melibatkan ASN dan Wali Nagari

Sedangkan untuk pasien yang melakukan isolasi, maka petugas datang kesana. "Petugas yang melakukan tugas akan dilengkapi dengan baju hazmat. Sedangkan yang melakukan isolasi jauh dari tempat tinggal, maka bisa menggunakan pindah memilih di TPS terdekat dengan isolasi. Sementara untuk PDP yang dirawat di rumah sakit, petugas akan didatangkan ke rumah sakit dari TPS terdekat," terangnya.

Untuk yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah, jika memungkinkan datang ke TPS, maka datang ke TPS dengan masuk ke bilik khusus. "Kalau tidak bisa kita datangi ke rumah sesuai dengan ketersediaan waktu," terangnya.

baca juga: Debat Publik Pertama Pilkada Sumbar Dipandu Imam Priyono, Moderator Debat Pilpres 2019

Izwaryani mengatakan, melihat situasi dan kebijakan terbaru dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini, pihaknya sudah mengikuti kebijakan dari KPU RI, termasuk soal rekomendasi dari Satgas COVID-19. (*)

Editor: Fitria Marlina