Salahi Aturan, Bawaslu Solok Telah Tertibkan 1.916 APK

Penertiban APK menyalahi aturan oleh Tim Bawaslu dan Satpol PP kabupaten Solok
Penertiban APK menyalahi aturan oleh Tim Bawaslu dan Satpol PP kabupaten Solok (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Ribuan Alat Peraga Kampanye ( APK ) dan Alat Peraga Sosial (APS) yang menyalahi aturan pemasangan, ditertibkan tim gabungan Bawaslu Kabupaten Solok .

Penertiban selama tiga hari dari 14-16 Oktober 2020 menyasar seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Solok . APK dan APS yang tidak sesuai dengan desain maupun lokasi yang disepakati ditertibkan.

baca juga: Pilkada Solok Memanas, Epyardi Asda Dilaporkan ke Bawaslu

"Dari laporannya, tim gabungan Bawaslu dan Satpol PP Kabupaten Solok sudah menertibkan 1.916 APK dan APS yang menyalahi aturan, serta 26 one way yang terpasang di angkutan umum," ungkap Komisioner Bawaslu , Maraprandes, Sabtu (24/10/2020).

Dikatakannya, fokus penertiban APK diantaranya di lokasi-lokasi yang dilarang seperti di jembatan, jalan protokol di pagar-pagar gedung pemerintahan atau fasilitas umum maupun tempat lainnya.

baca juga: Dilaporkan ke Bawaslu, Ini Kata Kasatpol PP Padang

Sementara itu, Alat Peraga Sosial memang ditertibkan keseluruhannya karena tidak sesuai dengan desain yang sudah ditetapkan oleh pihak KPU Kabupaten Solok .

"Alat Peraga yang dipasang kandidat sebelum ditetapkannya desain oleh KPU (APS), kita tertibkan semuanya," terangnya.

baca juga: Bawaslu Sumbar Akan Kaji Laporan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN yang Libatkan Kasatpol PP Padang

Pihak Bawaslu juga bakal melakukan pengawasan kembali terkait kepatuhan kandidat dalam melakukan pemasangan alat peraga, termasuk kegiatan kampanye yang tidak sesuai dengan aturan.

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri