Jika Terpilih, Nasrul Abit Akan Alokasikan 12 Persen APBD untuk Sektor Pertanian

Padi di sawah kawasan Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Padi di sawah kawasan Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Calon Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit , meninjau area perkebunan warga di Jorong Pasa, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (24/10).

Ia mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu fokus utama program kerjanya sebagai gubernur jika memang Pilkada Sumbar 2020.

baca juga: Cawagub Sumbar Audy Joinaldy Hadiri Khitanan Massal di Pauh V

Jika mendapatkan amanah menjadi gubernur dari masyarakat Sumatra Barat, Nasrul Abit akan mengalokasikan anggaran 12% untuk sektor pertanian . Baik itu untuk sektor tanaman pangan , holtikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.

"Kita juga akan memastikan ketersediaan bibit unggul untuk petani. Salah satu caranya dengan memberikan insentif kepada penangkar-penangkar bibit bersetifikat," kata dia.

baca juga: Kawal Kemenangan NA-IC, Andre Koordinasi dengan DPC Gerindra Payakumbuh dan Limapuluh Kota

Di samping itu, kandidat yang diusung Partai Gerindra ini juga ingin menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani dengan harga Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain itu, pihaknya akan mendata lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk perkebunan.

"Pak Prabowo Subianto saat ini sedang mencari puluhan ribu hektare lahan tidur untuk ditanami jagung sebagai upaya menjaga ketahanan pangan RI. Hipmi juga mencari lahan tidur untuk dimanfaatkan," ujarnya.

baca juga: Harapan Besar Petani kepada Mulyadi Bila Jadi Gubernur

Program unggulan lainnya dari cagub yang berpasangan dengan Indra Catri ini adalah memfasilitasi tumbuh kembangnya petani milenial. Kemudian, mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pertanian, serta memberikan perlindungan pasca produksi pertanian melalui program asuransi pertanian . (*)

Editor: Joni Abdul Kasir