KPU Sumbar Serahkan Alat Peraga Kampanye ke Paslon Gubernur Sumbar

Penyerahan APK ke Salah Satu Paslon Gubernur Sumbar
Penyerahan APK ke Salah Satu Paslon Gubernur Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak seribuan alat peraga kampanye (APK) diserahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Bantuan APK terdiri dari baliho 57 lembar, umbul-umbul 895 lembar dan spanduk 1.158.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, APK tersebut akan dipasang di tempat-tempat yang telah ditentukan serta yang telah disepakati bersama.

baca juga: Cawagub Sumbar Audy Joinaldy Hadiri Khitanan Massal di Pauh V

"Ini hasil kesepakatan kita dengan LO (Penghubung) masing-masing pasangan. Ini merupakan sebuah kewajiban negara," katanya di Padang, Senin (26/10/2020).

Amnasmen menambahkan, selain penyerahan APK ini, masing-masing pasangan calon juga diberikan kesempatan untuk membuat APK sendiri sesuai aturannya. "Sesuai kesepakatan, kepada pasangan calon juga akan membuat APK sendiri," ujarnya.

baca juga: Harapan Besar Petani kepada Mulyadi Bila Jadi Gubernur

Sementara itu, komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani menambahkan, dalam penyerahan APK, pihaknya sengaja mengundang LO atau yang penghubung pasangan calon agar tidak ada ditemui permasalahan dikemudian hari.

"APK langsung dijemput oleh pihak pasangan calon ke mobil pengangkut APK tersebut, agar yang bersangkutan bisa langsung menyaksikan dan bisa memastikan bahwa APK sesuai dengan yang telah dipesan," kata Izwaryani.

baca juga: Irwan Prayitno: Pilkada Berintegritas, Adil Dan Jujur Perlu Dihebohkan

Selain itu, sambung Irwaryani, penjemputan langsung oleh pihak Pasangan Calon agar tidak ada kesempatan oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan pengrusakan terhadap APK.

"Secara teknis, kami akan selalu melakukan kordinasi dengan semua pihak, agar terciptanya pilkada yang bermartabat dan sukses," kata dia.

baca juga: Pakar Komunikasi Politik Unand: Penangkapan Edhy Prabowo Tak Pengaruhi Masyarakat Pilih Calon Gerindra di Pilkada

Diketahui terdapat beberapa pasangan dalam kontestasi Pilkada Sumbar, pasangan calon tersebut yakni nomor urut 1 Mulyadi dan Ali Mukhni, nomor urut 2 Nasrul Abit dan Indra Catri, nomor urut 3 Fakhrizal dan Genius Umar, dan nomor urut 4 Mahyeldi dan Audy Joinaldi.

Editor: Muhammad Haikal