Nasrul Abit : Jalan Tembus Solsel-Dharmasraya Potensi Ekonominya Luar Biasa

Nasrul Abit bersama Yang Dipertuan Maharajo Bungsu, Datuak Manjadi Rajo, dan Inyiak Majo lelo, David Taster dan Armen Syahjohan
Nasrul Abit bersama Yang Dipertuan Maharajo Bungsu, Datuak Manjadi Rajo, dan Inyiak Majo lelo, David Taster dan Armen Syahjohan (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -Calon Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengungkapkan pihaknya sudah mensurvey jalan tembus Solok Selatan ( Solsel )-Dharmasraya, Jalan ini termasuk skala prioritas dalam visi misinya.

"Insya Allah dua tahun selesai. Tahun ini sudah dianggarkan tetapi anggarannya terserap untuk penanganan Covid-19, karena jalan ini sudah kita rintis. Nanti jika saya terpilih, kita selesaikan segera, karena memang jalan ini potensi ekonominya luar biasa," kata Nasrul Abit di Padang Aro.

baca juga: Menolak Gelar Datuknya Saat Masih Sekolah, Jasman Rizal Kini Resmi Sandang Gelar Adat Ketika Jabat PJS Bupati Solsel

Nasrul Abit mengatakan, jalan tersebut adalah program terobosan, sehingga nantinya akan terkoneksi antara Kuantan Singingi (Kuansing)-Dharmasraya- Solsel dan Pesisir Selatan.

Menurutnya, Akses ini adalah terobosan yang harus dilakukan karena selain potensi ekonomi juga ada budaya yang erat, khususnya Solsel -Pesisir Selatan.

baca juga: Jasman Rizal Terima Gelar Adat "Datuak Bandaro Bendang"

"Untuk mewujudkannya tentu dibutuhkan komunikasi dan koordinasi dengan kementerian kehutanan karena ini menyangkut Taman Nasional, tentu kita juga tidak mau melanggar hukum, nanti dibuat perencanaan dan badan litbang" katanya.

Dia menambahkan untuk mewujudkan program tersebut pihaknya akan menyusun tim, sehingga nantinya dari Pekanbaru ke Pesisir Selatan bisa dipotong jalannya dari Kuansing-Dharmasraya- Solsel dan Pesisir Selatan.

baca juga: Bawaslu Solsel Harapkan Pengawasan Partisipatif Meningkat Menjelang Hari Pemungutan Suara

"Kita melihat saat ini akses Padang-Pekanbaru kepadatannya luar biasa, sehingga ke depannya program ini harus dilakukan untuk kelancaran mobilitas dan peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Khusus peningkatan ekonomi masyarakat katanya program utama tetap ketahanan pangan didukung UMKM dari kalangan milenial.

baca juga: Gubernur Sumbar: Nagari Tageh Pauah Duo Percontohan Aman Covid- 19 di Indonesia

"Jadi nanti produk pangan kita dikoneksikan dengan UMKM yang dikelola milenial. Milenial ini dilatih untuk menggunakan IT, sehingga produk tersebut bisa dipasarkan secara online," katanya.

Tokoh masyarakat Solsel Yang juga anggota DPRD Solsel David Taster melihat dukungan masyarakat Sarantau Sasurambi tersebut meyakini Nasrul Abit bisa terpilih sebagai Gubernur.

Selain itu imbuhnya, keyakinannya didasarkan pada pengalaman Nasrul Abit, yang menjabat Wakil Gubernur Sumatera Barat

"Beliau tinggal melanjutkan program, sudah tahu apa yang akan dikerjakan. Insya Allah terpilih, keyakinan itu melihat dukungan dari tokoh adat kepada NA-IC, Seperti Yang Dipertuan Maharajo Bungsu, Datuak Manjadi Rajo, dan Inyiak Majo lelo," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi