Masa Pandemi, Kemensos Modifikasi Tenda Khusus untuk Pengungsi

Simulasi tanaga saat peresmian KSB Nagari Kambang di Pessel
Simulasi tanaga saat peresmian KSB Nagari Kambang di Pessel (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Di tengah pandemi ini, Kementerian Sosial (Kemensos) persiapkan para taruna siaga bencana (Tagana) hadir dalam penanganan COVID-19.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial, M. Safii Nasution mengatakan, pada pandemi ini para tagana telah dibekali alat pelindung diri (APD).

"Kami sudah mendistribusikan APD itu. Kemudian untuk pengungsi tenda juga akan kami modifikasi. Nanti akan ada tenda yang baru, yang ada sekat, ukuran 6X10, di tiap 2 meter ada sekat untuk menghindari keterpaparan orang. Di setiap kampung siaga bencana (KSB) nanti kami kasih," ungkapnya usai meresmikan KSB Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar, Selasa, 27 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, setidaknya ada sekitar 39 ribu jiwa tagana dengan 818 KSB di seluruh Indonesia.

"Dan kami akan bersinergi terus dan berkoordinasi terus dengan pemerintah daerah. Seperti, ada Damkar, Satpol, TNI, Polri dan juga ada dinas kesehatan dan Dinas Sosial dengan anggotanya tagana,' terangnya.

Kesempatan itu, Kadis Sosial Pessel, Zulfian Aplianto mengungkapkan, untuk di Pessel sudah memulai hal tersebut seperti menyosialisasikan tentang protokol di setiap kampung.

"Malah tagana kita ada melakukan penyemprotan, membantu di kampung-kampung sudah kita laksanakan," tutupnya. Sedikitnya ada 4 KSB di daerah itu, satu di Lengayang yang baru diresmikan, kemudian di Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, kemudian Batang Kapas dan Bayang Utara.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi