Komjak: Kejagung Wajib Serahkan Berkas Djoko Tjandra ke KPK

Djoko Tjandra
Djoko Tjandra (Net)

KLIKPOSITIF - Komisi Kejaksaan atau Komjak menyatakan tak ada alasan Kejaksaan Agung RI untuk tidak menyerahkan salinan berkas perkara Djoko Tjandra yang telah diminta Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ketua Komjak Barita Simanjuntak menyebut bahwa kedua penegak hukum itu diberi kewenangan dalam supervisi sesuai undang-undang dalam menangani sejumlah perkara.

baca juga: Abu Janda Sebut Islam Arogan, Ini Komentar Gus Sahal dan Warganet

"Sesuai ketentuan fungsi koordinasi dan supervisi KPK antara lain adalah termasuk berkas dokumen perkara. Dan dokumen seperti itu bukan bersifat rahasia jadi wajib diserahkan," kata Barita kepada suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Kamis (12/11/2020).

Disisi lain, kata dia, mungkin hanya masalah waktu Kejagung RI akan menyerahkan berkas yang diminta KPK . Sebab tak ada kendala bagi Kejaksaan untuk menyerahkan dokumen tersebut.

baca juga: Kasus Stunting Dinilai Masih Tinggi di Lima Puluh Kota, Ini Langkah Pemkab

"Saya kira ini hanya soal waktu saja kami akan mendorong supaya segera dikordinasikan dengan baik dan cepat sehingga penegakan hukum dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Barita mengungkapkan lembaganya akan membantu KPK , dengan mengecek ke Kejaksaan Agung berkas mana saja yang belum dikirikan ke KPK .

baca juga: Duga Jenazah Anak 'Dicovidkan', Keluarga Ini Laporkan RS ke Polisi

"Kami akan cek salinan berkas perkara DT (Djoko Tcandra) yang mana yang belum diserahkan sesuai permintaan KPK ," terangnya.

Kamis pagi, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan bahwa tim supervisi antirasuah sudah meminta sebanyak dua kali salinan berkas Djoko Tjandra kepada Kejagung dan Bareskrim Polri. Namun, permintaan KPK tersebut tak mendapat respon.

baca juga: 2.320 Dosis Vaksin Corona Sampai di Payakumbuh

Editor: Eko Fajri