Bupati Lima Puluh Kota Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Lareh Sago Halaban

Bupati Irfendi Arbi saat menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran.
Bupati Irfendi Arbi saat menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran. (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Satu peristiwa kebakaran terjadi pada Minggu 15 November 2020 malam di Nagari Bukik Sikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban. Kebakaran tersebut menimpa Muharmi (65 tahun) yang merupakan warga Lima Puluh Kota .

Mendapat kabar tersebut, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi langsung bergerak ke lokasi kebakaran dan memberikan bantuan pada Senin 16 November 2020. Bupati Lima Puluh Kota hadir bersama Kepala OPD terkait dan langsung menyerahkan bantuan .

baca juga: 6 Bulan Jadi Pengangguran karena Pandemi, Zulhardi Tukang Bangunan di Kuranji Dapat Bantuan Andre Rosiade

"Adapun bantuan yang diserahkan berupa selimut, tikar, dan sembako serta keperluan lainnya yang dibutuhkan. Kami berharap bantuan ini bisa sedikit membantu meringankan beban anggota keluarga korban kebakaran yang saat ini sedang dalam berduka," kata Irfendi Arbi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memerintahkan Camat Lareh Sago Halaban dan OPD terkait bergerak cepat dalam membantu memfasilitasi mengurus surat-surat berharga serta keperluan-keperluan lainnya untuk korban kebakaran tersebut. Ia juga menyampaikan rasa prihatin atas mudah yang menimpa keluarga dari Muharmi.

baca juga: Banyak yang Pensiun, Kabupaten Lima Puluh Kota Kekurangan Ribuan Guru

"Tolong secepatnya Camat dan OPD terkait untuk memfasilitasi mengurus bantuan kebakaran dan surat-surat berharga serta keperluan-keperluan lainnya dari para korban yang mengalami musibah kebakaran ini," katanya.

Ia juga berpesan agar warga yang ditimpa musibah ini dapat terus bersemangat untuk tetap berjuang melanjutkan kehidupan. Sehingga kehidupannya dapat berjalan kembali seperti biasanya dan terutama untuk mengembalikan tingkat perekonomian sehari-hari.

baca juga: Mulai Belajar Tatap Muka di Lima Puluh Kota, Disdikbud Ingatkan Sekolah Harus Patuhi Prokes

"Saya mendoakan semoga Ibu Muharmi dan keluarga diberikan kesabaran dalam menjalani musibah ini dan memohon kita kepada Allah semoga nantinya Ibu dan keluarga mendapat rumah yang lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Irfendi Arbi juga mengajak masyarakat untuk bergotong royong membantu Ibu Muharmi untuk membersihkan rumahnya yang hangus terbakar. Kemudian ia juga mengingatkan masyarakat untuk waspada akan terjadinya kebakaran dimanapun berada, khususnya di Lima Puluh Kota .

baca juga: PKS Lima Puluh Kota Gelar Muscab Serentak, Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari Dikukuhkan

"Kepada masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota mari kita lebih ekstra hati-hati akan terjadinya kebakaran. Penyebab kebakaran ini bermacam-macam seperti arus listrik, dari kompor, api rokok dan lainnya jadi kita jangan sepele dengan api," kata Irfendi Arbi.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebakaran Limapuluh Kota Alfian melaporkan penyebab kebakaran tersebut masih diselidiki oleh pihak berwajib. Dimana kebakaran ini sendiri terjadi pada Minggu 15 November 2020 malam sekitar pulul 21.00 WIB.

"Utuk saat ini penyebab masih diselidiki, tapi sumber api pertama berasal dari kamar anak korban. Diperkirakan seluruh harta berharga korban tidak dapat diselamatkan dan perkiraan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp150 juta," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi