Dibantu Al-Quran Digital Karena Tuna Netra, Kafilah Sumbar Khairul Rizki Tembus Final MTQN

Khairul Rizki baju kuning
Khairul Rizki baju kuning (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Khairul Rizki merupakan kafilah Sumatera Barat yang memiliki keterbatasan cacat netra, berhasil memasuki babak final cabang lomba Hifdzil Qur'an 10 Juz di Venue 5 Kampus Batiturrahmah Padang, Kamis, 19 November 2020.

Di babak semi final, Khairul Rizki berhasil meraih peringkat pertama pada cabang lomba hafalan 10 Juz putra. Rizki bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepadanya atas karunia mampu menghafal Al-Qur'an sejak umur sebelas tahun.

baca juga: MTQN ke 28, Gubernur Sumbar Sampaikan Terima Kasih Kepada Semua Terlibat

Rizki sendiri baru berumur 18 tahun dan tuna netra sejak lahir. Ini kali pertama ia mengikuti MTQ Nasional. Ia telah hafal Al-Quran 30 juz, dengan menggunakan bantuan Al-Quran digital.

"Sebelum setor hafalan kepada ustadz, saya belajar menghafal memakai Al-Qur'an Audio digital yang memakai pena itu, bila pena ditekan akan mengeluarkan suara qori sedang membaca Al Qur'an," ungkap santri asal Ponpes Nurul Yaqin Ambung Kapur Padang Pariaman itu.

baca juga: Sumbar Juara Umum MTQ Nasional Kado Akhir Masa Jabatan Irwan Prayitno

Rizki sudah berhasil menorehkan prestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi dan pernah mengikuti Seleksi Tilawatil Qur'an di Pontianak pada tahun lalu.

Rizki yang siap berkompetisi dengan kafilah-kafilah yang bermata normal itu membagi trik dalam mencapai keberhasilannya, diantaranya selalu berhajat meminta pertolongan kepada Allah dan sungguh-sungguh dalam mengulangi hafalannya.

baca juga: Sumbar Cetak Sejarah di MTQ Nasional, Nasrul Abit : Alhamdulillah

"Keberhasilan yang diperoleh ini semua merupakan pertolongan Allah dan hasil motivasi, bimbingan para ustadz dan keluarga terkhusus nenek", tuturnya.

Dalam perlombaan kali ini, Rizki didampingi oleh neneknya Nurmani. Ia menyebut Rizki merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang sudah hidup bersamanya sejak ditinggalkan ibunya karena meninggal dunia.

baca juga: Sumatera Barat Juara Umum MTQ Nasional XXVIII

Ia menyebutkan Rizki sejak kecil memang memiliki semangat dan memiliki kelebihan mudah mengingat setiap apa yang dihafalnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir