Pura-pura Jual Spring Bed Keliling, Maling Ini Gasak Sepeda Motor di Kabupaten Solok

Ketiga pelaku saat diperiksa polisi di Mapolres Solok Kota.
Ketiga pelaku saat diperiksa polisi di Mapolres Solok Kota. (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Polisi berhasil meringkus tiga orang pelaku pencurian sepeda motor milik salah seorang pelajar di Nagari Taruang-Taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok , Rabu (18/11/2020).

Para pelaku masing-masing berinisial HH (22) asal kota Padang, MAP (21) dan PM (20) yang berasal dari Kabupaten Sijunjung. Ketiga pelaku diciduk di kawasan Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kabupaten Solok oleh jajaran Polsek Kubang Nan Duo.

baca juga: Pilkada Solok Memanas, Epyardi Asda Dilaporkan ke Bawaslu

Aksi pencurian itu bermula ketika ketiga pelaku berpura-pura menjual spring bed keliling ke kawasan Jorong Pangkua Kaciak, Nagari Taruang-Taruang menggunakan mobil pikap BA 8815 BG.

Saat hendak menawarkan spring bed ke rumah salah seorang warga, pelaku mendapati sebuah motor Honda Beat BA 2309 PB yang terparkir di pinggir jalan dengan kunci berada di kontak motor.

baca juga: Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Lantik PAW Ketua Panwascam Pantai Cermin

Melihat tidak ada orang, salah seorang pelaku kemudian melarikan sepeda motor itu, korban yang saat itu tengah mengambil padi ke dalam rumah langsung keluar mendengar sepeda motornya dibawa.

Kabar pencurian sepeda motor itu pun buncah, warga langsung mengejar pelaku yang membawa kabur motor milik Gusman (18) tersebut. Pelaku kabur ke arah Sungai Durian.

baca juga: Mantan Bupati Solok Dukung Epyardi Asda-Jon Pandu di Pilkada 2020, Ini Alasannya

Merasa terdesak saat diuber warga, pelaku kemudian meninggalkan sepeda motor itu di depan rumah salah seorang warga. Warga sempat bertemu dengan mobil pikap spring bed , namun tidak menyadari kalau mereka merupakan rekan pelaku.

Selanjutnya, pelaku yang membawa kabur motor akhirnya bisa lolos dari kejaran warga dan menaiki mobil pikap. Ketiganya langsung kabur ke arah Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam. Petugas Polres Solok Kota langsung berkoordinasi dengan Polsek Kubang Duo.

baca juga: Dodi Hendra, Anggota DPRD Solok yang Peduli Warga Terdampak Pandemi Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Ratusan APK

Para pelaku akhirnya menyerah saat dibekuk polisi di kawasan Simpang Tigo Koto, Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam. Para pelaku kemudian digelandang oleh polisi ke Mapolres Solok Kota.

Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi melalui Kasat Reskrim Iptu Defrianto membenarkan peristiwa itu, menurut Defrianto, untuk melancarkan aksinya, para pelaku berpura-pura-pura menjadi penjaja spring bed keliling dengan mobil.

"Jadi mereka keliling-keliling kampung, pura-pura menjual spring bed , saat ada kesempatan, salah seorang pelaku langsung membawa kabur motor milik warga," ungkapnya, Jumat (20/11/2020).

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku terpaksa mendekam di sel tahanan Mapolres Solok Kota. Sementara itu, Polisi juga mengamankan sepeda motor , STNK dan kunci sebagai barang bukti.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi