Satu-Satunya Kepala Daerah, Irfendi Arbi Jadi Tokoh Inspiratif Keterbukaan Informasi Publik

Bupati Irfendi Arbi saat menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar di Padang
Bupati Irfendi Arbi saat menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar di Padang (Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF - Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi menjadi satu-satunya kepala daerah yang masuk sebagai Tokoh Inspiratif Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2020. Penghargaan ini sendiri diberikan oleh Komisi Informasi (KI) Sumbar , Rabu 25 November 2020.

Piagam Penghargaan ini sendiri diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama Ketua KI Sumbar Nofal Wiska didampingi komisioner dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Achievement Motivation Person Award 2020 di Padang. Menurut informasi, anugerah tersebut diberikan kepada Irfendi Arbi karena dinilai memiliki komitmen tinggi dan konsisten dalam keterbukaan publik.

baca juga: Banyak yang Pensiun, Kabupaten Lima Puluh Kota Kekurangan Ribuan Guru

Kemudian, selain Bupati Irfendi Arbi , Pemerintahan Kenagarian Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota juga berhasil merebut juara pertama kategori Pemerintahan Nagari informatif. Irfendi Arbi mengatakan beberapa Nagari lain di Lima Puluh Kota yang mendapatkan penghargaan yaitu Nagari Batu Hampa, Nagari Koto Bangun, Nagari Labuah Gunuang, Nagari Situjuah Batua, Nagari Taram dan Nagari VII Koto Talago karena telah berpartisipasi dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Badan Publik Dalam Rangka Implementasi Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Politik.

"Kami senang dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga diraihnya penghargaan Achievement Motivation Person dan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya keterbukaan informasi di Kabupaten Limapuluh Kota," ujar Irfendi.

baca juga: Mulai Belajar Tatap Muka di Lima Puluh Kota, Disdikbud Ingatkan Sekolah Harus Patuhi Prokes

Ia mengaku keterbukaan informasi penting untuk menumbuhkan serta menjaga kepercayaan masyarakat, serta akan mengundang kecurigaan jika tidak diinformasikan secara transparan. Menurutnya, pengelola uang rakyat juga harus terbuka dan tidak ada alasan menutup-nutupi informasi ke tengah publik.

"Keterbukaan badan publik adalah keniscayaan, tidak ada yang bisa ditutup-tutupi. Alhamdulillah, dari tahun ke tahun lembaga publik di Sumatera Barat semakin banyak yang mendapat predikat informatif,bahkan ada yang sudah sampai tiga kali peroleh predikat informatif," katanya.

baca juga: Alumni SMKN 2 Padang Sebut Aturan Penggunaan Jilbab Sudah Ada dari Dulu, Ini Pengakuannya

Sembilan nama Tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2020 yang menerima Achievement Motivation Person Award yaitu dr Andani Eka Putra, Andre Rosiade (Anggota Komisi VI DPR RI), Nevi Zuairina (Anggota Komisi VI DPR RI), Prof. Ganefri (Rektor UNP), Surfa Yondri, Yuen Karnova (Sekda Bukittinggi), Erizon MT (Sekda Pessel), Supardi (Ketua DPRD Sumbar ) dan Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota).

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi