Jamin Kelancaran Pemungutan Suara, Petugas TPS di Pariaman Lakukan Rapit Tes

Petugas tps jalani Rapit Tes
Petugas tps jalani Rapit Tes (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Seluruh petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kota Pariaman melakukan rapit tes di kantor Bawaslu Pariaman untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Kamis 26 November 2020.

Ketua Bawaslu Kota Pariaman , Riswan mengatakan, dari 178 petugas TPS yang ada di wilayah Pariaman , masih ada beberapa yang tidak datang rapit tes karena berhalangan.

baca juga: Ini Kalender Event Pariwisata Pariaman 2021

"Hari ini kami lakukan rapit tes kepada seluruh petugas TPS untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menambah kepercayaan warga pemilih untuk datang ke TPS," sebut Riswan.

Jika petugas TPS telah dipastikan tidak reaktif apalagi positif corona, kata Riswan, ini membuat warga pemilih tidak merasa cemas datang ke TPS.

baca juga: Sri Mulyani: Rp597 Miliar Wakaf Tunai Digunakan Pemerintah untuk Proyek Pembangunan

Rapit tes tersebut berkoordinasi dengan pihak gugus tugas penanganan covid wilayah Pariaman . Hal ini dilakukan oleh petugas kesehatan.

"Nah perihal pantauan terhadap kesehatan petugas TPS ini kami lakukan hingga tiga hari menjelang pemilihan suara. Jika menjelang tiga hari pemilihan ditemukan reaktif maka akan di PAW (Penggantian Antar Waktu)," kata Ketua Bawaslu itu.

baca juga: Hari Gizi Nasional, Ini Pesan Menkes

Selain menyoal terkait rapit tes, Riswan juga membahas terkait pengawasan proses pemungutan suara. Riswan juga mengimbau kepada setiap elemen masyarakat kota Pariaman agar bersama Bawaslu mengawasi proses pemungutan suara.

"Dasarnya, mengawasi proses pemungutan suara adalah hak seluruh masyarakat. Perihal ini tidak bisa diserahkan saja kepada pihak Bawaslu kendatipun secara regulasi memang menjadi tanggung jawab Bawaslu," jelas Riswan.

baca juga: Potensi Wakaf Per Tahun Ribuan Triliun, Jokowi Nilai Perlu Perluasan Cakupan Pemanfaatan

Menurutnya, 'Pemimpin Bersih' itu terletak pada proses pemungutan suara yang 'bersih' juga. "Proses pemungutan suara atau proses Pilkada menentukan karakter pemimpin terpilih," sebut Ketua Bawaslu itu.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri