Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Lantik PAW Ketua Panwascam Pantai Cermin

Ketua Bawaslu Solok, Afri Memori melantik PAW Panwascam Pantai Cermin
Ketua Bawaslu Solok, Afri Memori melantik PAW Panwascam Pantai Cermin (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Bawaslu Kabupaten Solok melantik Hendrika Putra sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua Panitia Pengawas Kecamatan ( Panwascam ) Pantai Cermin, menggantikan Jendra Efendi yang diberhentikan lantaran melakukan pelanggaran kode etik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Solok , Afri Memori, Kamis (26/11/2020) di kantor Panwascam , Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok .

baca juga: Hadapi Sidang MK, KPU Solok Buka 363 Kotak Suara

Menurut Afri Memori, pengangkatan PAW telah melalui mekanisme dan aturan yang ada, dimana pengganti merupakan cadangan hasil perankingan pada tahap seleksi Panwascam sebelumnya.

"Melihat hasil perankingan, maka Hendrika Putra situnjuk sebagai pengganti, sebelum dilantik yang bersangkutan telah kita panggil untuk wawancara dan pemeriksaan sejumlah syarat menjadi anggota Panwascam ," ungkap Mori.

baca juga: DKPP Tolak Seluruh Pengaduan Pengadu Terhadap Komisioner KPU dan Bawaslu Bukittinggi

Mori berharap, PAW yang dilantik segera menyesuaikan diri dengan tugas dan fungsi sebagai anggota Panwascam yang baru. Apalagi, berbagai tahapan pengawasan Pilkada Solok 2020 sudah berjalan.

"Laksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan regulasi yang ada, serta bangun komunikasi dengan pihak terkait lainnya, jangan melakukan hal-hal di luar aturan," pesannya.

baca juga: Musim Hujan Datang, Banjir Hingga Longsor Kepung Solok

Mori juga berpesan kepada seluruh Panwascam yang ada di Kabupaten Solok untuk belajar dari kasus yang terjadi di kecamatan Pantai Cermin. Netralitas dan integritas pengawas pemilu harus dijunjung tinggi.

"Kita tentu tidak berharap terulang kembali kasus serupa, makanya kami minta seluruh Panwascam untuk bekerja secara profesional dan memahami tugas dan fungsi serta aturan yang berlaku," tutupnya.

baca juga: Banjir di Nagari Muaro Paneh Solok, Warga : Lebih Besar Dibanding Tahun Sebelumnya

Seperti diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Solok memberhentikan anggota sekaligus ketua Panwascam Pantai Cermin, Jendra Efendi lantaran terbukti melakukan pelanggaran kode etik pengawas pemilu.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi